PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BERBASIS APLIKASI PIXELLAB MENULIS TEKS PROSEDUR UNTUK SISWA SMP

NASSARUDIN, MUHAMMAD (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BERBASIS APLIKASI PIXELLAB MENULIS TEKS PROSEDUR UNTUK SISWA SMP. S2 thesis, PASCASARJANA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

ABSTRAK Nassarudin, Muhammad. Tesis. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Visual Berbasis Aplikasi Pixellab Menulis Teks Prosedur untuk Siswa SMP, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jambi, Pembimbing I Prof. Urif Sulistiyo, M.Ed., Ph.D, Pembimbing II Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum Kunci: Menulis Teks Prosedur, Aplikasi Pixellab, Media Pembelajaran Visual Berdasarkan observasi awal penulis lakukan di salah satu sekolahan kebutuhan para pendidik dalam pembelajaran perlu adanyan media pembelajaran dan metode pembelajaran yang menarik minat peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar di kelas terutama pembelajaran menulis. Kebutuhan peserta didik di SMP kelas VII juga terungkap bahwa metode pembelajaran ceramah yang digunakan masih kurang memuaskan peserta didik dalam memahami materi yang disajikan oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan, Kelayakan, dan efektivitas media pembelajaran menulis teks prosedur untuk Siswa SMP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Instrument pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan lembar tes. Dari hasil penilaian ahli media diperoleh rata-rata rata-rata 96,6 % dengan kategori sangat baik, hasil ahli materi diperoleh rata-rata 80 % dengan kategori Baik, dan ahli bahasa diperoleh rata-rata 94 % dengan kategori Sangat baik. Artinya dapat dikaitkan sebagai media pembelajaran berbasis aplikasi pixellab ini layak digunakan dalam pembelajaran. Dinilai dari hasil uji coba pada kelompok kecil yaitu sebanyak 10 orang peserta didik pada tahapan pretes memperoleh skor 588 dan postes 802 dengan nilai 0,51 dengan kategori cukup layak, sedangkan pada kelompok besar yaitu sebanyak 27 orang peserta didik pada tahapan pretes memperoleh skor 1.561 dan pretes 2.220 dengan nilai 0,57 dengan kategori cukup layak. Jadi berdasarkan hasil perbandingan tersebut media pembelajaran berbasis aplikasi pixellab untuk pelajaran menulis teks prosedur cukup layak digunakan sebagai media pembelajaran visual di SMP.

Type: Thesis (S2)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Muhammad Nassarudin
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:01
Last Modified: 09 Jan 2024 03:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59793

Actions (login required)

View Item View Item