ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX APLIKASI ISYARAT QUR’AN (iQur’an) UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU DENGAN PENDEKATAN METODE DESIGN THINKING

YUDHISTIRA, HENDO PRIMA (2024) ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX APLIKASI ISYARAT QUR’AN (iQur’an) UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU DENGAN PENDEKATAN METODE DESIGN THINKING. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX APLIKASI ISYARAT QUR’AN (iQur’an) UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU DENGAN PENDEKATAN METODE DESIGN THINKING)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text (ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX APLIKASI ISYARAT QUR’AN (iQur’an) UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU DENGAN PENDEKATAN METODE DESIGN THINKING)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX APLIKASI ISYARAT QUR’AN (iQur’an) UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU DENGAN PENDEKATAN METODE DESIGN THINKING)
Bab I.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX APLIKASI ISYARAT QUR’AN (iQur’an) UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU DENGAN PENDEKATAN METODE DESIGN THINKING)
Bab V.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX APLIKASI ISYARAT QUR’AN (iQur’an) UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU DENGAN PENDEKATAN METODE DESIGN THINKING)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX APLIKASI ISYARAT QUR’AN (iQur’an) UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU DENGAN PENDEKATAN METODE DESIGN THINKING)
Full Skripsi.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX APLIKASI ISYARAT QUR’AN (iQur’an) UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU DENGAN PENDEKATAN METODE DESIGN THINKING)
Halaman Pengesahan.pdf - Published Version

Download (320kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Bagi umat Islam, mempelajari Al-Qur'an merupakan suatu kewajiban dan upaya untuk memahami ajaran agama dan memperkuat keimanan. Mempelajari Al-Qur'an memiliki tantangan tersendiri bagi para pelajar, meskipun pada umumnya diasumsikan bahwa mereka dapat dengan mudah membaca Al-Qur'an dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menguasainya. Namun pada kenyataannya tidak demikian, untuk mencapai kemahiran membaca Al-Qur'an tidaklah mudah. Karena selain membutuhkan pengetahuan seorang pendidik, juga membutuhkan pemahaman tentang dasar-dasar dan metode yang tepat dalam mempelajari Al-Qur'an. Pembelajaran Al-Qur'an bagi penyandang tuli dihadapkan pada beberapa masalah yang signifikan. Salah satu masalah utama adalah terbatasnya aksesibilitas informasi Al-Qur'an bagi mereka. Metode Design Thinking dapat digunakan sebagai solusi dalam melakukan pembuatan aplikasi untuk membangun aplikasi. Rancangan dengan menggunakan metode design thinking, karena metode ini berfokus pada pemahaman kebutuhan pengguna dan mencoba menemukan solusi yang sesuai dengan kebutuhan. Perbedaan utama antara metode Design Thinking dengan metode lainnya adalah Design Thinking lebih menekankan pada empati dan kreativitas dalam proses pemecahan masalah, sedangkan metode lainnya lebih menekankan pada validasi hipotesis dan efisiensi. Sehingga metode ini cocok untuk digunakan dalam menganalisa dan merancang aplikasi iQuran untuk penyandang tunarungu berbasis mobile. Hasil pada penelitian ini berupa prototype berbasis mobile yang dievaluasi menggunakan usability testing dengan bantuan tools maze. Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan hasil akhir keseluruhan rancangan adalah sebesar 84. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa skor kemudahan penggunaan dari UI aplikasi Isyarat Qur’an (iQur'an) termasuk dalam kategori tinggi. For Muslims, studying the Qur'an is an obligation and an effort to understand religious teachings and strengthen faith. Learning the Qur'an has its own challenges for students, although it is generally assumed that they can easily read the Qur'an and do not need a long time to master it. But in reality this is not the case, to achieve proficiency in reading the Qur'an is not easy. Because in addition to requiring the knowledge of an educator, it also requires an understanding of the basics and appropriate methods in learning the Qur'an. Qur'anic learning for deaf people is faced with several significant problems. One of the main problems is the limited accessibility of Al-Qur'an information for them. The Design Thinking method can be used as a solution in making applications to build applications. Design using the design thinking method, because this method focuses on understanding user needs and trying to find solutions that fit the needs. The main difference between the Design Thinking method and other methods is that Design Thinking emphasizes empathy and creativity in the problem-solving process, while other methods emphasize hypothesis validation and efficiency. So this method is suitable for use in analyzing and designing iQuran applications for deaf people based on mobile. The result of this research is a mobile-based prototype that is evaluated using usability testing with the help of maze tools. Based on the test results, the final result of the overall design is 84. From these results, it can be concluded that the ease of use score of the UI of the Isyarat Qur'an (iQur'an) application is included in the high category.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an, Tunarungu, User Interface, User Experience, Design Thinking, Usability Testing, Usability Score
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Yudhistira
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:33
Last Modified: 18 Jan 2024 02:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60096

Actions (login required)

View Item View Item