FAUZIAH, SELKI (2023) PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PERUMAHAN KLASTER VILLA GADING MAYANG KOTA JAMBI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
abstrak.pdf - Published Version Download (208kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf - Published Version Download (69kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf - Published Version Download (444kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (208kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (240kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL SELKI FAUZIAH.pdf - Published Version Download (7MB) |
Abstract
Perumahan Villa Gading Mayang telah memanfaatkan teknologi komputer, namun masih belum menerapkan sistem administrasi yang sistematis dan transparan bagi para warganya. Keberadaan sistem administrasi yang transparan sangat penting bagi warga, mencakup informasi seperti data penduduk komplek perumahan, ketersediaan perumahan, dan laporan keuangan perumahan. Dalam upaya mengatasi permasalahan yang ada, perumahan Villa Gading Mayang telah merencanakan pembangunan sistem informasi pengelolaan perumahan. Melalui sistem informasi ini, penyimpanan data pembayaran iuran akan dilakukan secara digital dengan adanya backup data, menggantikan penggunaan media kertas. Hal ini memungkinkan warga dan admin untuk tidak lagi bergantung pada proses pembayaran iuran menggunakan kertas. Guna memenuhi kebutuhan sistem pada perumahan, maka sistem informasi yang akan dirancang berupa aplikasi mobile. Salah satu penunjang sebuah platform aplikasi adalah User Interface (UI) dan User experience (UX). Penelitian ini mengadopsi metode design thinking, suatu pendekatan yang berfokus pada aspek manusia dengan tujuan menghasilkan ide atau solusi untuk mengatasi permasalahan tertentu. Terdapat beberapa tahapan, yaitu Emphatize, Define, Ideate, Prototype dan Test. Pada tahap design thinking di hasilkan rancangan UI/UX aplikasi sistem informasi pengelolaan perumahan Villa Gading Mayang berbasis Android dalam bentuk prototype. Penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan metode design thinking dapat membantu untuk menggali serta menjawab kebutuhan pengguna yaitu administrator, warga, pimpinan bendahara berdasarkan karakteristik permasalahan yang ada melalui hasil temuan data saat user research. Rancangan antarmuka Sistem Informasi Pengelolaan Perumahan Villa Gading Mayang, telah melalui uji menggunakan tools Maze. Pengujian kepada 5 responden yang merupakan warga, di dapatkan hasil Maze Usability Score sebesar 87. Pengujian kepada 3 responden yang merupakan admin, di dapatkan hasil Maze Usability Score sebesar 74. Pengujian kepada 3 responden yang merupakan bendahara, di dapatkan hasil Maze Usability Score sebesar 82. Pengujian kepada 5 responden yang merupakan pimpinan, di dapatkan hasil Maze Usability Score sebesar 87. Hasil pengujian tersebut, menunjukkan bahwa desain berbasis Android tersebut mudah dipahami, dipelajari, dan diterima dengan baik oleh calon pengguna.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | User Interface, Design Thinking, Perumahan, Mobile |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | FAUZIAH |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 04:22 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 04:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60149 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |