Analisa Penyebab Prestasi Belajar Siswa Rendah ditinjau dari Pola Asuh Orangtua di SMP N 25 Kota Jambi Tahun 2018

Putri, Kurnia Eka Analisa Penyebab Prestasi Belajar Siswa Rendah ditinjau dari Pola Asuh Orangtua di SMP N 25 Kota Jambi Tahun 2018. Pola Asuh Orang tua. (Unpublished)

[img] Text
cover Skripsi.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB I Skripsi.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB V Skripsi.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN KURNIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK KURNIA EKA PUTRI, 2018. Analisa Penyebab Prestasi Belajar Siswa Rendah ditinjau dari Pola Asuh Orangtua di SMP N 25 Kota Jambi Tahun 2018 PEMBIMBING : Drs. Suparjo Herlambang, M.Pd Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di SMP N 25 Kota Jambi bahwa terdapat beberapa siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah, terbukti dengan hasil nilai rapor dalam leger nilai bahwa terdapat beberapa orang siswa dari masing-masing kelas yang memiliki nilai rata-rata dibawah nilai rata-rata kelas. Peran orangtua untuk membimbing dan mendidik anak sangatlah penting, karena keluarga menjadi pondasi utama pembentukan karakter anak, termasuk pula masalah belajar yang dialami oleh anak, hendaknya orangtua ikut berperan dalam mengajarkan dan membimbing anak tersebut. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti pola asuh orangtua siswa yang memiliki prestasi belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proporsi pola asuh orangtua siswa yang memiliki prestasi belajar rendah di kelas VII SMP N 25 Kota Jambi, baik berdasarkan proporsi secara keselurahan maupun berdasarkan indikator yaitu pola asuh orangtua demokratis, pola asuh orangtua otoriter dan pola asuh orangtua permisif. Penelitian ini dibatasi pada permasalahan mengenai pola asuh orangtua siswa dengan indikator pola asuh orangtua demokratis, pola asuh orangtua otoriter dan pola asuh orangtua permisif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 orang siswa kelas VII di SMP N 25 Kota Jambi. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dhikotomis dengan 2 (dua) pilihan jawaban yaitu “Ya” dan “Tidak”. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif yaitu berusaha menggambarkan keadaan subjek saat itu atau menggambarkan lapangan sebagaimana adanya. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa proporsi pola asuh orangtua siswa yang memiliki prestasi belajar rendah berada pada proporsi “Sebagian Besar” (76,6%). Dan dilihat dari masing-masing indikator yaitu pola asuh orangtua demokratis berada pada proporsi “Sebagian Besar” (82,2%), dan pola asuh orangtua otoriter berada pada proporsi “Sebagian Besar” (63,6%), sedangkan pola asuh orangtua permisif berada pada proporsi “Sebagian Besar” (85,2%). Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan masukan bagi siswa, guru mata pelajaran, dan guru BK bisa sebagai data acuan untuk membantu masalah siswa yang memiliki prestasi belajar rendah. Kata Kunci : Pola Asuh Orangtua, Prestasi Belajar

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KURNIA EKA PUTRI
Date Deposited: 19 Nov 2018 03:52
Last Modified: 19 Nov 2018 03:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6024

Actions (login required)

View Item View Item