Penerapan Lingkungan Artifisial untuk Penguasaan Bahasa Arab di Pondok Pesantren Miftahun Najah

Nurahmah, Tri (2023) Penerapan Lingkungan Artifisial untuk Penguasaan Bahasa Arab di Pondok Pesantren Miftahun Najah. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai Penerapan Lingkungan Artifisial untuk Penguasaan Bahasa Arab di Pondok Pesantren Miftahun Najah Desa Tangkit. Adapun latar belakang penelitian ini, peneliti memahami keistimewaan bahasa Arab dan pentingnya bahasa Arab pada Lembaga Pondok Pesantren . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan lingkungan artifisial untuk penguasaan bahasa Arab dan apa faktor pendukung dan penghambat penerapan lingkungan artifisial untuk penguasaan bahasa Arab di pondok pesantren. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Miftahun Najah Desa Tangkit pada bulan Juni hingga Juli 2023. Data penelitian ini didapatkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pimpinan pondok pesantren, guru bahasa Arab, dan santri asrama putra dan putri. Hasil dari penelitian ini merupakan penerapan lingkungan artifisial dalam pembelajaran pondok pesantren dan di luar pembelajaran yaitu di asrama puta dan putri, dalam pembelajaran pondok pesantren penerapannya adalah sebagai berikut: pemberian mufrodat atau ungkapan praktis, praktek muhadatsah santri dalam pembelajaran, pemberian reward bagi santri cepat dalam menghapal hiwar, dan bernyanyi menggunakan bahasa Arab, sedang dalam asrama yaitu memanggil teman atau memberikan pengumuman menggunakan bahasa Arab dan pidato bahasa Arab dalam kegiatan muhadoroh di asrama. Serta faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan penerapan lingkungan artifisial yaitu faktor pendukungnya adalah sarana dan prasarana, guru berpengalaman, dan materi bahasa Arab praktis. Sedang faktor penghambatnya adalah belum dibentuknya mahkamah al-lughah, santri kesulitan atau lambat menghapal mufrodat, dan santri tidak konsisten menggunakan bahasa Arab. Dari penelitian ini tentu terdapat implikasi bagi kepada semua pihak yang turut bertanggung jawab terhadap penerapan lingkungan artifisial untuk penguasaan bahasa Arab di Pondok Pesantren Miftahun Najah Desa Tangkit.   This thesis is the result of research regarding the Application of Artificial Environments for Arabic Language Mastery at the Miftahun Najah Islamic Boarding School, Tangkit Village. As for the background of this research, the researcher understands the features of the Arabic language and the importance of Arabic in Islamic boarding school institutions. This research aims to describe how to apply an artificial environment for mastering Arabic and what are the supporting and inhibiting factors for implementing an artificial environment for mastering Arabic in Islamic boarding schools. This research was conducted at the Miftahun Najah Islamic Boarding School, Tangkit Village from June to July 2023. This research data was obtained by observation, interviews and documentation. This type of research is qualitative research with a descriptive approach. The data sources in this research were Islamic boarding school leaders, Arabic language teachers, and male and female boarding school students. The results of this research are the application of an artificial environment in Islamic boarding school learning and outside of learning, namely in male and female dormitories. In Islamic boarding school learning the application is as follows: giving mufrodat or practical expressions, practicing muhadatsah for students in learning, giving rewards for students who are fast in learning. memorizing hiwar, and singing in Arabic, while in the dormitory, namely calling friends or giving announcements using Arabic and Arabic speeches in muhadoroh activities in the dormitory. As well as factors that support and hinder the implementation of artificial environments, namely the supporting factors are facilities and infrastructure, experienced teachers, and practical Arabic language materials. The inhibiting factors are that the al-lughah court has not yet been established, students have difficulty or are slow in memorizing mufrodat, and students do not consistently use Arabic. From this research, there are certainly implications for all parties who are responsible for implementing an artificial environment for mastering Arabic at the Miftahun Najah Islamic Boarding School, Tangkit Village.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Lingkungan Artifisial, Penguasaan Bahasa Arab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: Nurahmah
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:41
Last Modified: 18 Jan 2024 02:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60827

Actions (login required)

View Item View Item