DESAIN BOOKLET ICE BREAKING UNTUK PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI

BASEKA, EGGY COERLA and SUTJA, AKMAL and Sarman, Freddi (2024) DESAIN BOOKLET ICE BREAKING UNTUK PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text
COVER EGGY.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
SKRIPSI EGGY FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (592kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Ice breaking adalah kegiatan dimana seorang guru mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam beberapa kegiatan di ruang kelas pada sela-sela pembelajaran untuk memecah kebekuan siswa. Untuk memulai suatu permainan, ice breaking yang dipilih harus benar-benar relavan dan tepat guna. Oleh sebab itu perlu adanya media yang dapat dijadikan referensi dalam memilih ice breaking untuk pelaksanaan layanan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk booklet ice breaking untuk pelaksanaan layanan informasi. Penelitian ini merupakan penelitian riset dan pengembangan atau Research and Development (R&D). R&D adalah model penelitian yang bersifat pengembangan produk baru atau penyempurnaan produk yang sudah ada melalui prosedur pembakuan yang sistematis, revisi berulang-ulang, dan terukur guna menghasilkan produk yang lebih baik dari sebelumnya (Sutja dkk., 2017). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kela XI MIPA 2 SMA Adhyaksa 1 Jambi untuk uji coba ice breaking dan 5 orang guru BK SMPN 17 Kota Jambi, 3orang guru BK SMA Adhyaksa 1 Jambi, serta 5 orang guru BK SMAN 4 Kota Jambi untuk uji coba produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui saran dan masukan dari ahli mengenai produk dan teknik analisis deskrptif kuantitatif untuk mengetahui persentase kelayakan produk menurut ahli materi, ahli media, respon siswa, dan respon guru bimbingan dan koneling. Data yang di peroleh kemudian diolah dengan menggunakan rumus Formula C untuk menentukan persentase dengan jawaban berbentuk skala berdasarkan panduan menurut Sutja dkk (2017). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk dapat digunakan sebagai referensi guru BK dalam memilih ice breaking untuk pelaksanaan layanan informasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai persentase dari ahli media 79% dan ahli materi 83% yang sama-sama berada pada kategori “Baik”. Uji coba kelayakan ice breaking pada siswa kelas XI SMA Adhyaksa 1 Jambi diperoleh persentase sebesar 82% berada pada kategori “Sangat Baik”. Sedangkan uji coba kelayakan booklet ice breaking untuk pelaksanaan layanan informasi pada guru SMPN 17 Kota Jambi memperoleh persentase sebesar 86% berada pada kategori “Sangat Baik” serta pada guru SMA Adhyaksa 1 Jambi dan SMAN 4 Kota Jambi memperoleh persentase sebesar 92,5% berada pada kategori “Sangat Baik”.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Booklet, Ice Breaking, Layanan Informasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: BASEKA
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:51
Last Modified: 10 Jul 2024 07:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60850

Actions (login required)

View Item View Item