Rahmananda, Milenia (2024) Pengaruh Layanan Informasi Karir Terhadap Perencanaan Karir Siswa Di SMA Negeri 11 Kabupaten Tebo. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf - Published Version Download (21kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan, dan pengesahan.pdf - Published Version Download (59kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (24kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (238kB) |
Abstract
Perencanaan karir menjadi hal yang paling mendasar dalam mempersiapkan siswa menuju masa depannya, dengan perencanaan karir ini siswa dapat memiliki tujuan yang pasti untuk digapai. Menurut Munandir perencanaan karir merupakan proses individu untuk mengetahui dan memahami arti potensi, sehingga individu mempunyai keyakinan atas tujuannya dan target-target yang ingin dicapai dimasa yang akan datang. layanan informasi merupakan sebuah layanan yang dapat membantu siswa dalam memahami suatu hal. Agar siswa dapat merencanakan karir dengan lebih tepat siswa memerlukan informasi-informasi seputar pendidikan dan informasi mengenai dunia kerja. Dalam hal ini layanan informasi karir dapat diberikan kepada siswa, layanan informasi karir ini mencakup segala hal yang diperlukan siswa untuk dapat membuat perencanaan karir mereka. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif yaitu pendekatan dimana memungkinkan dilalukan pencatatan data dan angka-angka, pengelolaan statistik, struktur dan percobaan control. Metode yang digunakan adalah pre- eksperimen dengan desain one group pretest and posttest design. Dimana dilakukan pre-test sebelum diberi treatment. Dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat. Karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelaS XII IPS 2 yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian ini yaitu perencanaan karir siswa sebelum diberikan perlakuan (treatment) memperoleh hasil 98.08. dengan persentase 65% maka tergolong kedalam perencanaan karir yang tinggi awal. Berdasarkan hasil Post-test nilai rata-rata meningkat menjadi 122.72 denga persentase 81% maka tergolong ke dalam perencanaan karir yang tinggi akhir . Perencanaan karir siswa pada hasil Uji T-test menggunakan bantuan SPSS versi 21 diperoleh nilai Thitung yaitu sebesar 22,667 adapun nilai Ttabel 0,05 yaitu sebesar 2,069. Dapat dilihat bahwa nilai Thitung > Ttabel maka 22,667 > 2,069 dan Sig. (2-Tailed) p-value 0,001 < 0,05. Apabila dianalisis dari pengambilan keputusan dan kriteria penerimaan maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Layanan informasi karir terhadap perencanaan karir siswa di SMA Negeri 11 Kab. Tebo. Kata Kunci : Informasi karir, Perencanaan karir.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Informasi karir, Perencanaan karir. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Rahmananda |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 03:33 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 08:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61130 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |