Rusdayanti, Rusdayanti (2024) Pengaruh perhatian orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMP N7 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
skripsi full rusda.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
cover rusda.pdf - Published Version Download (200kB) |
![]() |
Text (pengesahan skripsi)
20240126_104220.pdf - Published Version Download (53kB) |
![]() |
Text (persetujuan skripsi)
20240126_104159.pdf - Published Version Download (52kB) |
![]() |
Text
BAB I rusda .pdf - Published Version Download (483kB) |
![]() |
Text
BAB V rusda.pdf - Published Version Download (308kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA rusda (2).pdf - Published Version Download (300kB) |
Abstract
Disiplin dalam proses belajar mengajar merupakan sikap serta perilaku siswa dan guru dalam mematuhi dan melaksanakan semua peraturan yang telah disepakati bersama. Disiplin tidak akan muncul dengan tiba-tiba, namun melalui suatu prosedur yang panjang dan juga dipengaruhi dari berbagai lingkungan yang dimulai dari lingkungan keluarga dan dilanjutkan di sekolah dan di masyarakat sehingga sikap disiplin perlu dibentuk melalui latihan dan pembiasaan dari individu tersebut. Adanya rasa disiplin yang tinggi yang dimiliki oleh seseorang akan bisa menjadikan seseorang tersebut berhasil dalam hal belajar, ada beberapa faktor- faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa yaitu seperti sumber belajar, pendidik, orangtua dan siswa itu sendiri. Jenis penelitian ini yaitu Ex-post facto dengan variabel Independent (Perhatian Orang tua) dan variabel Dependent (Kedisiplinan belajar siswa) dengan pendekatan yang bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini dilakukan di SMP N 7 Muaro Jambi pada kelas VIII. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP N 7 Muaro Jambi sebanyak 109, dengan menggunakan teknik random sampling. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji reabelitas, uji regresi dan persetase (%). Hasil penelitian mengenai Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP N 7 Muaro Jambi yaitu pada Perhatian orang tua memperoleh hasil persentase sebesar 80,58% hal ini menunjukkan kategori tinggi yang artinya perhatian orang tua memiliki peran yang tinggi bagi siswa SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Kedisiplinan belajar siswa memperoleh hasil persentase sebesar 65,09 % hal ini menunjukkan kategori tinggi yang artinya kedisiplinan belajar siswa memiliki peran yang tinggi bagi siswa SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui nilai determinasi sebesar 0,626 sehingga terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Dengan demikian perhatian orang tua di SMPN 7 Muaro Jambi Memiliki peran yang tinggi terhadap kedisiplinan belajar siswa maupun sebalikanya kedisiplinan belajar siswa memiliki peran yang tinggi terhadap perhatian orang tua. Sehingga perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa memiliki hubungan pengaruh yang besar serta memiliki hubungan timbal balik yang aktif di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan Belajar Siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | RUSDAYANTI |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 07:55 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 08:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61135 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |