SEJARAH PERJALANAN DAN PERKEMBANGAN MADRASAH NURUL JALAL YANG MENJADI CIKAL BAKAL BERDIRINYA PONDOK PESANTREN NURUL JALAL DI KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI (1954-2002)

RIFKI, MUHAMMAD (2024) SEJARAH PERJALANAN DAN PERKEMBANGAN MADRASAH NURUL JALAL YANG MENJADI CIKAL BAKAL BERDIRINYA PONDOK PESANTREN NURUL JALAL DI KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI (1954-2002). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
MUHAMMAD RIFKI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI MUHAMMAD RIFKI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI MUHAMMAD RIFKI.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI MUHAMMAD RIFKI.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI MUHAMMAD RIFKI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI MUHAMMAD RIFKI .pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI MUHAMMAD RIFKI.pdf

Download (187kB)

Abstract

Muhammad Rifki, 2023. Sejarah Perjalanan Dan Perkembangan Madrasah Nurul Jalal Yang Menjadi Cikal Bakal Berdirinya Pondok Pesantren Nurul Jalal Di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi (1954-2002). Skripsi, Program Studi Ilmu Sejarah, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Supian, S.Ag, M.Ag. (II) Fatonah, S.S, M.I.Kom. Penelitian ini membahas Sejarah Perjalanan Dan Perkembangan Madrasah Nurul Jalal Yang Menjadi Cikal Bakal Berdirinya Pondok Pesantren Nurul Jalal Di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi (1954-2002). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sosok ulama yang kehadiran dan pergerakannya sangat berperan penting dalam perkembangan Pendidikan Islam di tanah air, khususnya di wilayah Tebo. Implementasi nyatanya terlihat melalui gerakan-gerakan dan karya-karya monumental yang ditinggalkan, berupa lembaga-lembaga pendidikan sebagai wadah menyelenggarakan proses pendidikan yang bermoral dan berkarakter Islami, ditambah dengan legalitas karya-karya warisan lainnya, serta peninggalan-peniggalan lainnya yang mempunyai implikasi yang sangat besa bagi kemajuan pendidikan dalam kehidupan anak bangsa. Penelitian ini menggunakan metode penellitian sejarah yang meliputi lima tahap yairu heuristik (mencari dan mengumpulkan sumber), verifikasi atau kritik sumber (yang terdiri dari kritik ekstern dan intern), interprestasi (penafsiran sumber), dan historiografi (penuliasan sejarah). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan data wawancara atau Interview terhadap key informan, yang terkait dengan Tuan Guru K.H. Zahruddin Usman melakukan observasi langsung dan melakukan kegiatan pendokumentasian. Oleh karena itu ditemukan adanya pengaruh besar Tuan Guru K.H. Zahruddin Usman dalam dunia pendidikan Islam di Tebo, hal ini tercerminkan melalui integritas, pemikiran, serta sumbangsih nyata yang dilakukan melalui gerakan menuju pengembangan dan kemajuan kualitas dunia pendidikan keislaman tanah air. Dari aktivitasnya tersebut membuktikan integritas dari seorang Datuk Tuan Guru, dan secara langsung maupun tidak langsung mempunyai dampak yang sangat positif bagi kehidupan sosial kemasyarakatan, khususnya di Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. Kata Kunci: Pondok Pesantren Nurul Jalal; Pendidikan; K.H. Zahruddin Usman; Tokoh Ulama

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Rifki
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:39
Last Modified: 05 Feb 2024 03:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61224

Actions (login required)

View Item View Item