Cahyani, Neni PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP. PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP.
![]() |
Text
SKRIPSI_Neni Cahyani.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
Cover_Neni Cahyani.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan_Neni Cahyani.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
Abstrak_Neni Cahyani.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
BAB I_Neni Cahyani.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text
BAB V_Neni Cahyani.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan_Neni Cahyani.pdf Download (191kB) |
Abstract
Kemampuan literasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki siswa. Dalam hal ini prosesnya melibatkan kemampuan berpikir matematis yang diawali dengan kemampuan mengidentifikasi dan memahami masalah untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Penelitian ini dilakukuan karena rendahnya kemampuan literasi matematis siswa serta LKPD yang digunakan di SMP Adhyaksa 1 Jambi belum menerapkan model pembelajaran tertentu. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan literasi matematis siswa adalah model PBL. Dimana PBL merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan LKPD berbasis PBL (Problem Based Learning) serta mendeskripsikan kualitas LKPD berbasis PBL (Problem Based Learning) ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini diujicobakan kepada siswa kelas VIII A SMP Adhyaksa 1 Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan dari segi materi adalah 82,86% (sangat valid) dan tingkat kevalidan dari segi desain adalah 82% (sangat valid), tingkat kepraktisan oleh guru adalah 82,6% (sangat praktis) dan tingkat kepraktisan oleh siswa adalah 83,7 (sangat praktis), tingkat keefektifan berdasarkan hasil tes kemampuan literasi matematis siswa (pre-test) 42,2 dan (post-test) 79,7 dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan literasi matematis siswa meningkat. Berdasarkan data hasil uji coba kelompok besar dan perhitungan N-gain, hasil rata-rata Gain Score yang diperoleh sebesar 0,7295 dengan persentase 72,95% termasuk kedalam kategori efektif. Sehingga, LKPD berbasis PBL (Problem Based Learning) efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Salah satu kelemahan dari LKPD ini yaitu kurang variatifnya media pembelajaran. Sehingga disarankan untuk menambahkan video pembelajaran ataupun media elektorik lainnya yang mendukung dalam pengerjaan LKPD.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | CAHYANI |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 07:45 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 07:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |