andriyana, hena (2024) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL DAMPAK PENGGUNAAN ZAT ADITIF PADA MAKANAN DAN MINUMAN MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (235kB) |
Abstract
Andriyana, Hena.2023. “Pengembangan Video Tutorial Dampak Penggunaan Zat Aditif Pada Makanan Dan Minuman Mata Pelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama”, Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Jambi (1) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd, (II) Dr. Muhammad Ali, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : pengembangan, video tutorial, zat aditif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan video tutorial dampak penggunaan zat aditif pada makanan dan minuman pada mata pelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama, (2) keefektifan media video tutorial dampak penggunaan zat aditif pada makanan dan minuman pada mata pelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama. Dalam penelitian ini, digunakan model pengembangan ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Model ini terstruktur dalam lima tahap, yang melibatkan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Temuan dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan video tutorial mengenai dampak penggunaan zat aditif pada makanan dan minuman untuk mata pelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama dilaksanakan melalui beberapa tahap, termasuk hasil validasi dari ahli materi yang mencapai persentase 95,4% dengan penilaian sangat layak. Validasi ahli media juga menunjukkan persentase 86,4% dengan kriteria layak. (2) Keefektifan media video tutorial ini dinilai melalui uji coba lapangan, termasuk uji coba oleh guru IPA yang menghasilkan persentase 93% dengan penilaian sangat layak. Selanjutnya, uji coba kelompok kecil dengan 9 siswa menunjukkan hasil 84,8% dengan penilaian layak. Uji coba kelompok besar dilakukan dengan melibatkan 25 siswa dari kelas IX C di SMP Negeri 1 Muaro Jambi, dan hasilnya mencapai 90,8% dengan penilaian Layak. Pengembangan ini membuktikan bahwa video tutorial mengenai dampak penggunaan zat aditif pada makanan dan minuman, khususnya dalam mata pelajaran IPA untuk Sekolah Menengah Pertama, dapat dianggap sebagai suatu metode pembelajaran yang layak, efektif, dan berkualitas tinggi. Oleh karena itu, berdasarkan kesuksesan tersebut, pengembangan ini mengusulkan agar berbagai pihak, terutama para guru IPA di tingkat Sekolah Menengah Pertama, mempertimbangkan penggunaan video tutorial ini sebagai salah satu media pembelajaran yang sangat bermanfaat. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa terhadap dampak penggunaan zat aditif pada makanan dan minuman dalam konteks mata pelajaran IPA.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL DAMPAK PENGGUNAAN ZAT ADITIF PADA MAKANAN DAN MINUMAN MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Hena Andriyana |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 07:47 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 07:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |