Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Sub Materi Sistem Saraf untuk Kelas XI SMA

Prasetyo, Novline (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Sub Materi Sistem Saraf untuk Kelas XI SMA. S1 thesis, Universitas Jabmbi.

[img] Text
Novline Prasetyo_Fix (kertas wangi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Novline Prasetyo_Lembar Persetujuan & Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Novline Prasetyo_Bab I-1.pdf

Download (462kB)
[img] Text
Novline Prasetyo_Bab V.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Novline Prasetyo_Dafttar Pustaka .pdf

Download (454kB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, diharapkan pada bidang pendidikan memiliki peningkatan dan penyempurnaan proses pembelajaran agar dapat mendorong pembaharuan dari hasil teknologi pendidikan. Media pembelajaran adalah salah satu bentuk dari pemanfaatan teknologi yang menjadi suatu sarana untuk menyampaikan informasi pembelajaran kepada peserta didik. Kurangnya variasi penggunaan media pembelajaran menyebabkan proses pembelajaran menjadi membosankan bagi peserta didik dan mengurangi tingkat pemahaman peserta didik khususnya pada materi yang bersifat abstrak, oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire pada sub materi sistem saraf untuk kelas XI, yang akan digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran demi mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Penelitian dilaksanakan di SMA PGRI 2 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian peserta didik kelas XI, dengan uji coba kelompok kecil dilakukan kepada 6 orang peserta didik dan uji coba kelompok besar dilakukan kepada 21 orang peserta didik. Hasil validasi materi mendapatkan persentase 92,1% dan validasi media 89,1% dengan kategori “sangat layak”. Hasil penilaian yang didapatkan dari guru bidang studi 88,7% dengan kategori “sangat baik”, hasil uji coba kepada kelompok kecil 81,4% dengan kategori “sangat baik” dan kelompok besar 78,8% dengan kategori “baik”. Hasil analisis data uji-t menggunakan paired sample-t Test diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 (< 0,05) dengan rata-rata skor N-gain sebesar 0,69 (sedang) yang berarti terdapat perbedaan siginifikasi dari pemahaman konsep materi peserta didik pada sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa lectora inspire layak digunakan dalam proses pembelajaran biologi pada materi sistem saraf.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Prasetyo
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:50
Last Modified: 14 Mar 2024 03:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61926

Actions (login required)

View Item View Item