PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED MENGGUNAKAN ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP

Ayu, Wilza (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED MENGGUNAKAN ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI WILZA AYU A1C220014.pdf

Download (9MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI WILZA AYU.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan Wilza.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI WILZA AYU A1C220014.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI WILZA AYU A1C220014.pdf

Download (853kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI WILZA AYU A1C220014.pdf

Download (726kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI WILZA AYU A1C220014.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI WILZA AYU A1C220014.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI WILZA AYU A1C220014.pdf

Download (255kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI WILZA AYU A1C220014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Wilza Ayu. 2024. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Open Ended Menggunakan Animaker untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP: Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Dra. Mujahidawati, M.Si. (II) Dr. Ilham Falani, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Video Pembelajaran, Pendekatan Open Ended, Animaker, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas produk video pembelajaran berbasis Pendekatan Open Ended menggunakan Animaker untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Dessiminate). Subjek uji coba ini adalah dosen pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli, guru matematika kelas VII SMP N 18 Kota Jambi, serta siswa kelas VII SMP N 18 Kota Jambi. Hasil yang diperoleh dalam penelitain yaitu video pembelajaran berbasis Pendekatan Open Ended dengan tahapan yaitu menyajikan masalah terbuka, memahami masalah, memecahkan masalah, mendiskusikan dan membandingkan, dan membuat kesimpulan. Video pembelajaran ini juga menggunakan Animaker dengan fokus pada materi pertidaksamaan linear satu variabel untuk siswa kelas VII SMP dengan menyajikan contoh soal dan latihan yang kontekstual dan juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa produk video pembelajaran yang dikembangkan dan melewati beberapa proses revisi hingga menghasilkan video pembelajaran yang diharapkan. Dengan tingkat kualitas video pembelajaran dilihat berdasarkan 3 kriteria,yaitu valid, praktis dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa persentase kevalidan video pembelajaran dari ahli materi adalah 88,75% (sangat valid) dan dari ahli desain adalah 72,30% (valid); persentase kepraktisan video pembelajaran oleh guru adalah 96% (praktis) dan oleh siswa adalah 91,45% (praktis); dan persentase keefektifan video pembelajaran dari angket respon siswa adalah 80% (sangat efektif) dan berdasarkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis 33 orang siswa mengalami peningkatan kemampuan dengan kriteria sedang atau tinggi dan memiliki rata-rata n-gain sebesar 0,64 dengan kriteria sedang. Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat mengembangkan video pembelajaran dengan menggunakan inovasi lain dan memanfaatkan teknologi lainnya untuk menghasilkan video pembelajaran yang lebih baik dan menarik sehingga dapat membuat siswa lebih termotivasi dan tertarik dalam pembelajaran matematika.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ayu
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:34
Last Modified: 27 Mar 2024 07:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62448

Actions (login required)

View Item View Item