MARGARETHA, LEONY (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FUNGSI EKSPONEN. S1 thesis, Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
SKRIPSI_LEONY MARGARETHA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_LEONY MARGARETHA-1.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB I LEONY.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB 5 LEONY.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA LEONY.pdf Download (381kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika saat ini, namun sayangnya kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia umumnya masih sangat rendah. Adapun kesulitan yang dihadapi dalam dunia Pendidikan saat ini yaitu perkembangan teknologi juga menuntut adanya integrasi teknologi dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, perlu adanya suatu inovasi bahan ajar yang terintegrasi dengan pendekatan sesuai perkembangan zaman serta mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Riset ini dilakukan dengan tujuan untuk memfasilitasi pembelajaran matematika siswa di SMA N 4 Tanjung Jabung Barat dengan adanya pengembangan E-LKPD Berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang dipakai dalam riset ini yakni metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Uji kualitas E-LKPD menunjukan hasil validasi materi sebesar 82,5% tergolong ―sangat valid‖ dengan validasi desain sebesar 92,7% tergolong ―sangat valid‖. Prresentase hasil uji praktikalitas guru yaitu 85% tergolong ―sangat praktis‖ dan persentase praktikalitas siswa yakni sebesar 92,1% dengan kategori ―sangat praktis‖. Presentase keefektifan melalui respon siswa yaitu sebesar 86,2% tergolong ―sangat efektif‖ dengan nilai gain sebesar 59,8% tergolong ―sedang‖. Hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa juga menunjukkan adanya peningkatan di setiap Indikatornya, yaitu elementary clarification, basic support, strategy and tactics, advance clarification, serta inference. Oleh karena itu, hasil dari riset ini menunjukkan bahwasanya E-LKPD yang dibuat memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta layak untuk dipakai.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Margaretha |
Date Deposited: | 29 May 2024 07:46 |
Last Modified: | 29 May 2024 07:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64206 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |