Dwi Cahyati, Shellvia (2024) Efektivitas penggunaan panduan praktikum berbasis argumentasi pada praktikum pemisahan analitik terhadap kemampuan argumentasi mahasiswa pendidikan kimia. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (195kB) |
Abstract
ABSTRAK Dwi Cahyati, Shellvia. 2024. “Efektivitas Penggunaan Panduan Praktikum Berbasis Argumentasi Pada Praktikum Pemisahan Analitik Terhadap Kemampuan Argumentasi Mahasiswa Pendidikan Kimia”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd., M.Si., Ph.D (II) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes. Kata Kunci: Panduan Praktikum Berbasis Argumentasi, Praktikum, Kemampuan Argumentasi. Panduan praktikum berbasis argumentasi merupakan suatu panduan praktikum yang didalamnya terdapat topik praktikum, tujuan praktikum, dasar teori, alat dan bahan, prosedur kerja, dan soal-soal evaluasi dari hasil percobaan yang diberikan dalam bentuk argumentasi. Panduan praktikum berbasis argumentasi sangat berguna untuk menumbuhkan kemampuan argumentasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan argumentasi mahasiswa pendidikan kimia yang menggunakan penuntun praktikum dan panduan praktikum berbasis argumentasi pada praktikum pemisahan analitik, mengetahui perbedaan antara mahasiswa yang menggunakan penuntun praktikum dan panduan praktikum berbasis argumentasi pada praktikum pemisahan analitik dan untuk mengetahui faktor penyebab perbedaan kemampuan argumentasi pada kelas yang menggunakan penunun praktikum dan panduan praktikum berbasis argumentasi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan campuran (mix method) dengan menggunakan dua data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif atau dengan mengkombinasikan data kuliatatif dan data kuantitatif. Pendekatan mix method yang digunakan adalah jenis Triangulasi Konkuren yaitu teknik pengumpulan data kuantitatif dan data kualitatif dalam waktu yang bersamaan pada tahap penelitian, kemudian membandingkan antara data kualitatif dengan data kuantitatif untuk mengetahui perbedaan atau kombinasinya. Hasil yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 86,97 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 81,01. Kemudian diperoleh nilai N-gain skor sebesar 0,80 ( 0,80>0,7) yang menunjukkan kategori tinggi. Selanjutnya pada uji t-independen diperoleh nilai signifikansi 0,000 (0,000<0,5) maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan panduan praktikum berbasis argumentasi efektif untuk meningkatkan kemampuan argumentasi mahasiswa pendidikan kimia dan terdapat perbedaan hasil kemampuan argumentasi mahasiswa pada kelas yang menggunakan panduan praktikum berbasis argumentasi dan penuntun praktikum yang dibuktikan dari uji t-independen dan uji t-dependen yang dilakukan. ABSTRACT Dwi Cahyati, Shellvia. 2024. "Effectiveness of Using Argumentation-Based Practical Guides in Analytical Separation Practicum on the Argumentation Ability of Chemistry Education Students." Thesis, Chemistry and Natural Sciences Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University. Supervisor: (I) Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd., M.Si., Ph.D (II) Dr. Drs. Haryanto, M. Kes. Keywords: Argumentation-Based Practical Guide, Practicum, Argumentation Skills. An argumentation-based practicum guide is a practicum guide which contains practicum topics, practicum objectives, theoretical basis, tools and materials, work procedures, and evaluation questions from experimental results which are given in the form of arguments. The argumentation-based practicum guide is very useful for developing students' argumentation skills. This research aims to determine the argumentation abilities of chemistry education students who use practicum guides and argumentation-based practicum guides in analytical separation practicums, to find out the differences between students who use practicum guides and argumentation-based practicum guides in analytical separation practicums and to find out the factors causing differences in argumentation abilities in classes that use practical guides and argumentation-based practical guides. This research uses a mixed method approach using two data, namely qualitative data and quantitative data or by combining qualitative data and quantitative data. The mix method approach used is a type of Concurrent Triangulation, namely a technique of collecting quantitative data and qualitative data at the same time at the research stage, then comparing the qualitative data with quantitative data to find out the differences or combinations. The results obtained from the research results were that the experimental class obtained an average value of 86.97 and the control class obtained an average value of 81.01. Then an N-gain score of 0.80 (0.80>0.7) was obtained, which indicated the high category. Furthermore, in the independent t-test, a significance value of 0.000 (0.000<0.5) was obtained, so H0 was rejected. Based on the research results, it was concluded that the use of argumentation-based practicum guides was effective in improving the argumentation skills of chemistry education students and there were differences in the results of students' argumentation abilities in classes that used argumentation-based practicum guides and practicum guides as evidenced by the independent t-test and dependent t-test carried out .
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Argumentation-Based Practical Guide, Practicum, Argumentation Skills. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | CAHYATI |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 06:30 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 06:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |