Monalisa, Aura (2024) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak di SDN 198/1 Pasar Baru. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
COVER 2.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Aura_Monalisa_A1D120019_Bismillah Sidang_pdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila pada sekolah penggerak di SDN 198/1 Pasar Baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 198/1 Pasar Baru pada semester ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Subjek penelitian yaitu Ibu R selaku guru wali kelas IV dan Ibu D selaku guru wali kelas V. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila pada sekolah penggerak di SDN 198/1 Pasar Baru, telah berjalan dengan baik. Terdapat tiga tahapan yaitu: (1) Perencanaan, dimulai dengan pembentukan tim fasilitator oleh kepala satuan pendidikan, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, merancang dimensi, tema dan alokasi waktu serta menyusun modul projek. (2) Pelaksanaan, dalam memulai pelaksanaan guru mengawali kegiatan dengan memberikan pertanyaan yang berkaitan langsung dengan projek, mengoptimalkan pelaksanaan P5 dengan aksi proses pembuatan Pupuk Organik Cair (POC). Dan menutup rangkaian kegiatan projek dengan penyelenggaraan ekspo panen hasil karya. Serta mengoptimalkan keterlibatan mitra bekerja sama dengan orang tua peserta didik untuk memasok sampah pasar. (3) Mengolah asesmen dianalisis secara menyeluruh baik dari segi kualitatif maupun kuantitatif, dan melaporkan hasil P5 dalam bentuk laporan projek. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru kelas IV dan kelas V SDN 198/1 Pasar Baru berasil menerapkan projek tersebut dengan baik. Keberhasilan ini tercermin dari berhasilnya penerapan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah penggerak tersebut, yang tidak terlepas dari peran penting guru dalam mengimplementasikannya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Penggerak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Monalisa |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 07:14 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 07:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64871 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |