Maulana, Fajar (2024) IDENTIVIKASI PERAN TEMAN SEBAYA DALAM MENGONTROL TINGKAH LAKU SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak 2.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (604kB) |
![]() |
Text
Skripsi Fajar Maulana.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Peran teman sebaya adalah interaksi antara dua orang remaja atau lebih yang saling memberikan dukungan melalui interaksi baik itu dukungan fisik, kasih sayang atau saling bertukar pikiran meyelesaikan persoalan diantara remaja. Peran teman sebaya terdiri dari enam aspek yaitu mengontrol impus agresif, memperoleh dorongan emosional dan sosial serta menjadi lebih independen, meningkatkan keterampilan, mengembangkan sikap terhadap seksualitas dan tingkah laku peran jenis kelamin, memperkuat penyesuaian moral dan nilai-nilai dan meningkatkan harga diri (self-esteem). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat peran teman sebaya dalam mengontrol tingkah laku sosial siswa di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 11 Muaro Jambi dengan jumlah 212 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Simple Random Sampling berjumlah 100 siswa. Pengolahan data menggunakan rumus persentase formula C. Hasil pengolahan data terkait peran teman sebaya dalam mengontrol tingkah laku sosial siswa diperoleh nilai 64,81%, hal ini dapat dikategorikan pada tingkat “tinggi”, dengan rincian yakni mengontrol impus agresif 72% dengan kategori tingkat “tinggi”, memperoleh dorongan emosional dan sosial serta menjadi lebih independen 64% dengan kategori tingkat “tinggi”, meningkatkan keterampilan 64% dengan kategori tingkat “tinggi”, mengembangkan sikap terhadap seksualitas dan tingkah laku peran jenis kelamin 55% dengan kategori tingkat “sedang”, memperkuat penyesuaian moral dan nilai-nilai 76% dengan kategori tingkat “tinggi”, dan meningkatkan harga diri (self-esteem) 52% dengan ketegori tingkat “sedang”. Hasil tersebut menggambarkan bahwa teman sebaya dalam mengontrol tingkah laku sosial siswa memiliki peran dalam berinteraksi dengan individu lainnya untuk memberikan sebuah dorongan atau dukungan fisik dalam memecahkan suatu persoalan. teman sebaya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teman sebaya, mengontrol tingkah laku sosia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | MAULANA |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 06:44 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 08:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |