PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS 4 SD N 95/II BUNGO

Tito Anggara, Reza and Nazurty, Nazurty and Destrinelli, Destrinelli (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS 4 SD N 95/II BUNGO. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
TITO FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (201kB)
[img] Image
PENGESAHAN.jpeg

Download (78kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)

Abstract

ABSTRAK Anggara, Reza Tito. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Visual Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS Kelas 4 SD N 95/II Bungo: Tesis, Magister Pendidikan Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Prof. Dr. Dra. Nazurty, M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media visual dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas 4 SD N 95/II Bungo dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif dengan model Suharsimi Arikunto. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui empat tahapan yang terdiri dari: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 4 SD N 95/II Bungo. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV yang berjumlah 23 peserta didik. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan, bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penemuan pada siklus I diperoleh bahwa peserta didik tidak memperhatikan penjelasan dari guru dan temannya serta peserta didik belum terlihat menulis tugas atau mencatat materi pembelajaran. Pada siklus II pelaksanaan tindakan kelas terjadi perubahan yang cukup signifikan terutama peserta didik sudah memperhatikan penjelasan dari guru dan temannya serta peserta didik sudah terlihat menulis tugas atau mencatat materi pembelajaran. Penerapan model PBL yang dilakukan di kelas 4 SD N 95/II Bungo, pada siklus I menggunakan media visual serta menggunakan lembar kerja peserta didik (LKPD) berupa gambar tempel. Pada siklus II pelaksanaan tindakan menggunakan media visual dan video pembelajaran. Lembar kerja peserta didik yang digunakan pada siklus II yaitu menggunakan kartu gambar. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media visual dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di kelas 4 SD N 95/II Bungo. Kata Kunci: Model PBL, Keaktifan Belajar

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Reza Tito Anggara
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:54
Last Modified: 14 Jun 2024 06:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65310

Actions (login required)

View Item View Item