PERAN GURU PENGGERAK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

Herta, Nurinda and Yantoro, Yantoro and Wulandari, Bunga Ayu (2024) PERAN GURU PENGGERAK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
TESIS NURINDA HERTA SIDANG TAHUN 2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan001.pdf

Download (196kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK Herta, Nurinda. 2024. Peran Guru Penggerak dalam Implementasi Guru Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Tesis, Magister Pendidikan Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Yantoro, M.Pd. (II) Bunga Ayu Wulandari,S.Pd.,M.EIL.,PH.D Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru penggerak merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 01/IV Kota Jambi, SD Negeri 151/IV Kota Jambi dan SD Negeri 138/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi langsung ke lapangan dan wawancara dengan guru penggerak. Setelah melakukan observasi dan wawancara dengan empat guru penggerak (sebagai data utama) serta dokumentasi proses pembelajaran (sebagai data penunjang), data dianalisis dan dideskripsikan secara kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclution drawing/verification. Hasil penelitian ini dari 3 sekolah yaitu SD Negeri 01/Kota Jambi SD Negeri 151/IV Kota Jambi dan SD Negeri 138/IV Kota Jambi menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru penggerak berjalan dengan baik, pada tahap perencanaan pembelajaran guru penggerak melakukan asesmen diagnostik nonkognitif untuk memetakan bakat, minat, gaya belajar, dan kesiapan belajar dari peserta didik. Kemudian guru penggerak menyiapkan RPP dan modul ajar, yang membedakan RPP guru penggerak yaitu adanya perencanaan untuk pembelajaran diferensiasi. Pada pelaksanaan pembelajaran guru penggerak menggunakan pembelajaran diferensiasi, pembelajaran sosial emosional, penerapan budaya positif, dan aktif menggunakan teknologi untuk menunjang efektivitas pembelajaran di kelas. Pada tahap evaluasi pembelajaran untuk guru penggerak yang mengajar di kelas IV yang menggunakan kurikulum operasional satuan pendidikan atau KOSP maka dalam sistem penilaian tidak lagi menggunakan KKM tetapi menggunakan kriteria belajar tuntas. Pada kurikulum paradigma baru ini guru diberikan keleluasaan dalam mengidentifikasi ketercapaian tujuan pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini yaitu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru penggerak berjalan dengan baik, terdapat berbagai macam pembelajaran yang dilakukan guru penggerak kepada peserta didik dalam proses pembelajaran agar terwujudnya pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dari hasil penelitian ini, maka disarankan bagi sekolah hendaknya memberikan sosialisasi dan motivasi agar kedepannya lebih banyak guru yang mengikuti program guru penggerak dari Kemendikbud dan banyak guru-guru yang nantinya bisa menjadi guru penggerak sehingga kualitas pembelajaran dapat semakin meningkat. Kata kunci : Peran guru penggerak, Kurikulum Merdeka

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Nurinda Herta
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:54
Last Modified: 14 Jun 2024 06:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65362

Actions (login required)

View Item View Item