PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI POLA HIDUP GOTONG ROYONG DI SEKOLAH DASAR

Parastu, Rekhano Andria (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI POLA HIDUP GOTONG ROYONG DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (983kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] Text
Rekhano Andria Parastu_Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (561kB)

Abstract

ABSTRAK Parastu, Rekhano Andria. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Muatan Pendidikan Pancasila Materi Pola Hidup Gotong di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si. (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran interaktif, Pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif muatan Pendidikan Pancasila materi pola hidup gotong royong di sekolah dasar serta untuk mengetahui tingkat kelayakan secara konseptual dan prosedural media pembelajaran interaktif muatan Pendidikan Pancasila materi pola hidup gotong royong di sekolah dasar. Penelitian ini mengadopsi jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Penelitian pengembangan ini mengadopsi Model Decide, Design, Development, and Evaluate (DDDE) untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif. Prosedur pengembangan media pembelajaran interaktif untuk muatan Pendidikan Pancasila materi pola hidup gotong royong di sekolah dasar telah dijelaskan terdiri dari 4 tahap utama, yaitu: menentukan (decide), desain (design), mengembangkan (develop), dan mengevaluasi (evaluate). Dalam proses penelitian pengembangan ini, peneliti menggunakan dua jenis data yang menyesuaikan dengan kebutuhan data untuk produk yang sedang dikembangkan. Jenis data yang dikelola mencakup data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang dimanfaatkan dalam penelitian pengembangan ini adalah kuesioner atau angket. Penelitian ini dilakukan di SDN 198/I Muara Bulian tahun ajaran 2023/2024. Data Penelitian diperoleh dari validasi materi, validasi media, dan validasi bahasa serta dari angket respon pendidik dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata sebesar 4,73 dengan kategori sangat layak, penilaian dari ahli bahasa mendapatkan rata-rata sebesar 4,82 dengan kategori produk sangat layak serta penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata sebesar 4,77 dengan kategori sangat layak. Penilaian dari respon pendidik mendapat rata-rata sebesar 5,00 dengan kategori sangat praktis, dan penilaian dari respon peserta didik mendapat skor rata-rata 4,79 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif muatan Pendidikan Pancasila materi pola hidup gotong royong di Sekolah Dasar sangat layak baik secara konseptual maupun secara prosedural.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran interaktif, Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: PARASTU
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:58
Last Modified: 28 Jun 2024 03:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65812

Actions (login required)

View Item View Item