PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 MUARO JAMBI

Arum Kasmoro Wulan, Tyas PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 MUARO JAMBI.

[img] Text
cover.docx

Download (47kB)
[img]
Preview
Image
pengesahan.jpg

Download (283kB) | Preview
[img] Text
sk DAFTAR ISI.docx

Download (31kB)
[img] Text
bab 1 fix.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Tyas Arum Kasmoro Wulan. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Muaro Jambi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs. M. Salam, M.Si (2) Reka Seprina, S.Pd, M.Pd kata kunci: Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis Salah satu masalah dalam pembelajaran Sejarah di Sekolah yaitu siswa kurang diarahkan untuk berpikir kritis dalam pembelajaran yang diberikan guru. Guru kurang memberi dorongan terhadap siswa untuk melatih daya pikirnya pada saat proses pembelajaran, guru kurang memberi motivasi yang kuat sehingga siswa termotivasi dalam pembelajaran dan menarik perhatian siswa, sehingga siswa tidak antusias dalam pembelajaran sejarah, dan siswa kesulitan dalam menganalisis informasi yang ada sehingga siswa hanya menerima apa adanya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Muaro Jambi. Penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi eksperimental). Penelitian ini dilakukan di SMA N 6 Muaro Jambi. Populasi penelitian ini kelas X IPS yang terdiri dari 3 kelas dan berjumlah 90 siswa. Sampel penelitian ini dipilih secara random dengan sampel yang digunakan X IPS 1 kelas eksperimen dan X IPS 2 kelas kontrol yang masing-masing jumlah siswanya 30 orang siswa. Hasil data dari berpikir kritis siswa dengan hasil penelitian yang diperoleh kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 64,53. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung = 15,266. Dengan demikian nilai thitung > ttabel (15,266 > 1,672) berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi kesimpulannya terdapat pengaruh positif yang signifikan penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap berpikir kritis siswa kelas X IPS pada mata pelajaran sejarah di SMAN 6 Muaro Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: TYAS ARUM KASMORO W
Date Deposited: 14 Jan 2019 07:19
Last Modified: 14 Jan 2019 07:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6594

Actions (login required)

View Item View Item