Pengembangan Modul Elektronika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Mikrokontroler Arduino

Lumbanraja, Silvia Rosalina (2024) Pengembangan Modul Elektronika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Mikrokontroler Arduino. S1 thesis, Universitas Jambi.

This is the latest version of this item.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi pada mahasiswa dalam belajar Mikrokontroler Arduino. Terdapat kesulitan pada pemahaman dalam pembuatan proyek yang disebabkan oleh bahan ajar yang digunakan belum memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam pembuatan proyek. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk pengembangan modul elektronika berbasis proyek (project based learning) pada materi Mikrokontroler Arduino dan mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap modul elektronika berbasis proyek (project based learning) pada materi Mikrokontroler Arduino. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Namun, dilakukan hingga tahap pengembangan, sedangkan tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu dan biaya. Subjek uji coba penelitian ini yaitu 24 mahasiswa prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi yang telah mengontrak mata kuliah elektronika. Hasil penelitian ini didapatkan melalui lembar angket validasi ahli materi dan ahli media serta angket persepsi mahasiswa terhadap modul. Validasi materi modul memperoleh persentase rata-rata sebesar 93,58% dengan kategori sangat layak dan validasi media memperoleh persentase rata-rata sebesar 95,55% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya, berdasarkan angket persepsi mahasiswa, modul mendapatkan persentase rata-rata sebesar 84.46% dengan kategori sangat baik. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul elektronika berbasis proyek (project based learning) pada materi Mikrokontroler Arduino layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran elektronika.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LUMBANRAJA
Date Deposited: 01 Jul 2024 06:46
Last Modified: 01 Jul 2024 06:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65989

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item