Salsabila Putri, Athaya (2024) PELAKSANAAN SERTIFIKAT LAIK OPERASI ( SLO ) DARI PT. TRIEPEL I WILAYAH JAMBI DENGAN PT.PLN (PERSERO) TERHADAP KONSUMEN. S1 thesis, Hukum Perdata.
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text
BAB KESIMPULAN.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses pelaksanaan, apa yang menjadi kendala konsumen serta penyelesaiannya dan apa akibat hukum tidak terlaksana Sertifikat Laik Operasi (SLO). Adapun rumusan masalah dari penelitian ini, yaitu: Bagaimana Pelaksanaan Sertifikat Laik Operasi oleh PT. TRIEPEL I kepada Konsumen; dan Apa akibat hukum tidak terlaksana Sertifikat Laik Operasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan empiris. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa PT. TRIEPEL I, sebagai lembaga inspeksi teknis yang diakreditasi oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, memiliki tugas dan kewenangan untuk melakukan pemeriksaan dan pengujian instalasi listrik milik konsumen guna memastikan keselamatan sesuai dengan standar yang berlaku, serta menerbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) sebagai bukti kelayakan operasi, namun pelaksanaannya belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kesadaran dan pemahaman konsumen mengenai pentingnya SLO, prosedur permohonan yang rumit, biaya tambahan, serta kurangnya sosialisasi dan edukasi. Selanjutnya mengenai akibat hukum tidak terlaksana Sertifikat Laik Operasi PT.PLN ( PERSERO ) belum memberikan sanski admintistratif ataupun sanksi tegas kepada konsumen. Penelitian ini menyarankan peningkatan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya SLO untuk memastikan keselamatan dan kepatuhan terhadap standar kelistrikan. PT. TRIEPEL I berupaya memberikan biaya terjangkau, melakukan sosialisasi masif, dan menyusun perjanjian yang lebih komprehensif dengan konsumen. PT. PLN seharusnya perlu menerapkan sanksi administratif seseuai hukum yang berlaku untuk meningkatkan kepatuhan konsumen terhadap kewajiban memiliki SLO. Kata Kunci : Sertifikat Laik Operasi (SLO), Pelaksanaan SLO, Kendala dan Penyelesaian SLO
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ATHAYA |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:53 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |