Pengaruh layanan penempatan dan penyaluran terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 19 Kota Jambi

Sandi, Alfun (2018) Pengaruh layanan penempatan dan penyaluran terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 19 Kota Jambi. Layanan penempatan dan penyaluran, motivasi belajar. (Unpublished)

[img] Text
COVER.pdf

Download (150kB)
[img] Text
20190116.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)

Abstract

ABSTRAK Sandi Alfun, 2018. “Pengaruh Layanan Penempatan Dan Penyaluran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Smp N 19 Kota Jambi”. Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. Emosda, M. Pd., Kons dan (2) Drs. Rasimin, M. Pd. Motivasi belajar merupakan suatu keadaan atau kondisi yang mendorong merangsang atau menggerakan seseorang untuk belajar sesuatu atau melakukan kegiatan untuk mencapai suatu tujuan belajar. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa sebelum diberikan layanan penempatan penyaluran di SMP Negeri 19 Kota Jambi (2) mendeskripsikan motivasi belajar siswa setelah diberikan layanan penempatan penyaluran di SMP Negeri 19 Kota Jambi, dan (3) membuktikan apakah layanan penempatan dan penyaluran berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 19 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Dalam penelitian ini, layanan penempatan dan penyaluran (X) merupakan faktor yang akan mempengaruhi motivasi belajar sebagai (Y) sehingga motivasi belajar dapat meningkat. Temuan penelitian ini: (1) Nilai pre-test kelas kontrol ditemukan sebesar 50,92% siswa berada pada kategori rendah sedangkan nilai pre-test kelas eksperimen, secara rata-rata keseluruhan terdapat sekitar 50,75% siswa memiliki motivasi belajar yang berada pada kategori rendah (2) Nilai post-test pada kelas kontrol ditemukan sekitar 66,91% siswa yang memiliki motivasi belajar berada pada kategori sangat tinggi sedangkan nilai post-test kelas eksperimen ditemukan sekitar 69,63% secara rata-rata keseluruhan siswa memiliki motivasi belajar yang berada pada kategori sangat tinggi (3) berdasarkan tebel paried samples test untuk menentukan diterima atau ditolaknya Ho. Dari kolom t menunjukkan koefisien t hitung sebesar 22,383 dengan koefisien P-value sebesar 0,000. P-value lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan setelah diberikan layanan penempatan dan penyaluran. (4) Dapat disimpulkan berdasarkan data tersebut maka dapat diartikan motivasi belajar meningkat setelah diberikan perlakuan berupa layanan penempatan dan penyaluran pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Kota Jambi. Kata Kunci: Motivasi Belajar, layanan penempatan dan penyaluran

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ALFUN SANDI
Date Deposited: 16 Jan 2019 08:18
Last Modified: 16 Jan 2019 08:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6682

Actions (login required)

View Item View Item