Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Critical Thinking Skills Siswa Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Telaumbanua, Rianty (2024) Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Critical Thinking Skills Siswa Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (159kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (377kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (708kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (855kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pendidikan abad 21 menuntut siswa untut memiliki kecakapan 4C yang salah satunya adalah critical thinking skill (kemampuan berpikir kritis). Belum optimalnya kemampuan berpikir kritis siswa berpotensi menyebabkan rendahnya kemampuan siswa untuk memecahkan suatu masalah. Salah satu alternatif untuk mencapai solusi dari permasalahan ini adalah penggunaan model pembelajaran aktif, yaitu model Project Based Learning (PjBL) yang diharapkan mampu melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dari penerapan model PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa terintegrasi HOTS dengan mengontrol kemampuan berpikir awal siswa Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Muaro Jambi pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan Non-Equivalent Pre-test Post-test Control Group. Subyek penelitian adalah kelas XI IPA 2 (eksperimen) dan kelas XI IPA 3 (kontrol). Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran PjBL dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Data dikumpulkan dengan melalui tes berupa pre-test dan post-test, wawancara, dan observasi keterlaksanaan sintaks model pembelajaran. Data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, analisis regresi berganda, dan Quade’s Rank ANCOVA. Berdasarkan analisis hasil penelitian, diketahui bahwa pelaksanaan penerapan sintaks pada model PjBL dan PBL belum terlaksana dengan konsisten, hal ini dikarenakan adanya pengaruh faktor kesiapan belajar siswa dan pengelolaan kelas oleh guru. Kemudian, didapatkan effect size yang menunjukkan pengaruh penerapan model PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan mengontrol kemampuan berpikir kritis awal siswa (pre-test) termasuk kategori kecil (small effect) dengan nilai sebesar 0,001 dan hasil uji data unstandardized residual dengan nilai [F(1,61) = 0,081, p= 0,777] yang menunjukkan tidak adanya perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model PjBL maupun PBL. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang ditimbulkan dari penerapan model PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan mengontrol kemampuan berpikir kritis awal siswa. Dikarenakan keterlaksanaan sintaks penelitian ini belum terlaksana secara konsisten, maka disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk memperbaiki proses pelaksanaan sintaks model pembelajaran. Kata kunci: Model Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Telaumbanua
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:21
Last Modified: 10 Jul 2024 03:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66967

Actions (login required)

View Item View Item