Peranan Kepemimimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Program Sekolah Penggerak di SD negeri 175/III Lindung Jaya

Azmi, Helena (2024) Peranan Kepemimimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Program Sekolah Penggerak di SD negeri 175/III Lindung Jaya. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text
SKRIPSI HELENA AZMI A1D520003_AP_FKIP_UNJA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (966kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi program sekolah penggerak, Kemudian mengetahui kendala serta solusi dalam implementasi program sekolah penggerak. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif dengan pendekatan Studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini diantaranya adalah Kepala Sekolah, Komite pembelajaran, Guru kelas tinggi dan Guru Kelas Rendah. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi program sekolah penggerak ditunjukan melalui : (1) Perencanaan: Berkolaborasi bersama guru dalam menganalisis Rapor pendidikan. (2) Pengorganisasian: dilakukan dengan menyusun program, menyusun jadwal pelaksanaan, dan menyusun aturan pelaksanaan program. (3) Pelaksanaan: Pembelajaran yang diberikan sudah berdiferensiasi, guru mendapatkan pelatihan diri, melaksanakan program yang direncanakan dengan didukung oleh sarana dan prasarana pendukung, Memberikan Motivasi kepada semua guru.(4) Pengawasan dilakukan dengan cara resmi dan tidak resmi. Dilakukan dengan pengamatan guru didalam kelas, bahan ajar, modul ajar, metode ajar, analisis soal, dan projek serta kelanjutan program yang telah diamanahkan kepada guru tersebut. Kendala yang dihadapi yaitu konsistensi program: tugas yang diberikan kepada guru: anggaran: waktu: beberapa guru belum memahami tentang program sekolah penggerak: masih terdapat guru yang tidak dapat bekerja sama dengan rekan kerja: masih terdapat guru yang tidak dapat mengimbangi perkembangan yang ada: orang tua yang mengeluh tentang cara belajar anak yang berbeda, Jumlah guru yang banyak belum bisa menghadapi murid yang jauh lebih banyak. Solusi dari Kepala sekolah yaitu memberi dorongan dan motivasi: Program yang tidak terpenuhi tepat waktu didiskusikan kembali: mendorong guru untuk bekerja sama: mengadakan kelas parenting untuk memberikan informasi kepada orang tua dan wali murid: mendorong guru untuk jujur terhadap tanggung jawab: dan manajemen waktu. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Program Sekolah Penggerak. This research aims to describe the leadership role of school principals in implementing the driving school program, then find out the obstacles and solutions in implementing the driving school program. This research uses a qualitative method with a case study approach. Data collection in this research was carried out through observation, interviews and documents. Participants involved in this research included the principal, learning committee, high class teachers and low class teachers. The data analysis techniques used were data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research show that the leadership role of the school principal in implementing the driving school program is demonstrated through: (1) Planning: Collaborating with teachers in analyzing educational report cards. (2) Organizing: carried out by compiling a program, drawing up an implementation schedule, and drawing up program implementation rules. (3) Implementation: The learning provided is differentiated, teachers receive self-training, carry out planned programs supported by supporting facilities and infrastructure, provide motivation to all teachers. (4) Supervision is carried out in official and unofficial ways. This is done by observing teachers in the classroom, teaching materials, teaching modules, teaching methods, problem analysis, and projects as well as continuing programs that have been entrusted to the teacher. The obstacles faced are program consistency: tasks given to teachers: budget: time: some teachers do not understand the school program driving force: there are still teachers who cannot work together with colleagues: there are still teachers who cannot keep up with existing developments: people parents who complain about children's different ways of learning. The large number of teachers cannot cope with the much larger number of students. The solution from the principal is to provide encouragement and motivation: Programs that are not fulfilled on time are discussed again: encouraging teachers to work together: holding parenting classes to provide information to parents and guardians of students: encouraging teachers to be honest about their responsibilities: and time management. Key Words : Principal Leadership, Driving School Program.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Program Sekolah Penggerak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Azmi
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:47
Last Modified: 10 Jul 2024 03:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67086

Actions (login required)

View Item View Item