Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) dengan Pendekatan Problem Based Learning dan Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Fa, M Nasiruddin (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) dengan Pendekatan Problem Based Learning dan Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (711kB)
[img] Text
FULL TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa harus menjadi pokok permasalahan yang harus menjadi perhatian oleh seorang pendidik. Pembelajaran hendaknya dirancang melalui permasalahan yang memungkinkan siswa mampu melakukan komunikasi matematika yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD dengan pendekatan Problem Based Learning dan berbasis budaya Jambi dengan kualitas valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek penelitian ini ialah kelas VIII MTsS Bustanul Ulum pada semester Genap 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas E-LKPD yang dikembangkan memiliki kategori valid, praktis dan efektif. Kevalidan dapat dilihat dari hasil validasi ahli dibidang media dan materi pembelajaran yang menunjukkan bahwa E-LKPD baik dan layak digunakan, kepraktisan dapat dilihat dari persepsi siswa dan guru yang memberikan tanggapan positif terhadap E-LKPD yang dikembangkan dan keefektifan dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan komunikasi matematis siswa dengan perbandingan nilai pree test dan post test dengan uji N-Gain dengan perolehan sebesar 0,50 dengan kategori sedang. Dengan demikian untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dapat menggunakan E-LKPD dengan pendekatan problem based learning dan berbasis budaya Jambi yang telah dikembangkan.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Budaya Jambi, E-LKPD, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Prablem based learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M Nasiruddin. Fa
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:11
Last Modified: 11 Jul 2024 07:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67250

Actions (login required)

View Item View Item