Maharani, Sephia (2024) Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Communication Skills Siswa Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (672kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi siswa yang belum optimal, dapat terjadi karena siswa belum memahami materi yang diajarkan, Kurangnya kemampuan komunikasi siswa perlu dioptimalkan salah satunya dengan cara menerapkan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif sehingga diharapkan mampu mengkomunikasikan hal yang dipelajari. Salah satu model pembelajaran yang mampu memberdayakan aktivitas siswa dan kemampuan komunikasi siswa yaitu model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi Higher Order Thinking Skills. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dan perbedaan Comunicattion Skills siswa terintegrasi Higher Order Thinking Skills yang dibelajarkan dengan model Project Based Learning dan Problem Based Learning dengan mengontrol Comunicattion Skills awal siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Muaro Jambi, menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental research) dengan rancangan Pre-test Post-test Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non test. Teknik tes berupa soal pre-test dan post-test sedangkan teknik non test berupa berupa wawancara dan observasi keterlaksanaan sintaks. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji homogenitas kemiringan regresi, dan uji hipotesis menggunakan uji quade’s rank ancova. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh menujukkan bahwa terdapat peningkatan pada setiap indikator kemampuan komunikasi. Indikator menyampaikan pendapat dan ide 41%, menyimpulkan informasi 57%, berkomunikasi untuk menginformasikan 69%, mengintrtuksikan 61%, memotivasi dan mengajak 58%. Dari hasil quade’s rank ancova menujukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa termasuk kategori sedang (Medium Effect) dengan menunjukan Effect Size 0,103. Terdapat perbedaan yang signifikan pada penerapan model PjBL dan PBL yang dilihat dari nilai signifikasi <0.05. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model PjBL berpengaruh sedang terhadap Communication Skills terintegrasi HOTS. Saran bagi guru diharapkan dapat menerapkan model PjBL dalam proses pembelajaran dikarenakan model PjBL dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi, Model Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi, Model Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | MAHARANI |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 03:38 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67444 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |