Elvita, Dwi Siska (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dalam Aspek Perkembangan Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini Kota Jambi Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
siska- abstrak.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
siska-bab1.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
siska-bab5.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
siska-daftar pustaka.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
skripsiiiiii euy.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pada TK Mutiara Hati Kota Jambi, tidak banyak menggunakan media teknologi dalam pembelajaran, membuat siswa bosan.Video pembelajaran, sebuah media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran luring dan daring, harus digunakan untuk mengurangi hambatan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran baru, mengetahui apakah produk tersebut layak, dan mengetahui respon guru di TK Mutiara Hati Kota Jambi. Penelitian penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menerapkan model ADDIE dan keterbatasan pengembangan ADD.Tahapan yang digunakan dan dilakukan dalam penelitian ini dimulai dengan analyze, designe, dan development. Pada penelitian ini, data dikumpulkan melalui angket dan observasi langsung. Data yang dikumpulkan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pada uji kelayakan video, hasil validasi ahli materi dilakukan dua kali, dengan nilai persentase 82,5% untuk kategori baik dengan revisi materi, dan 92,5% untuk kategori sangat baik serta layak untuk uji coba. Hasil validasi ahli media dilakukan sekali, dengan nilai persentase 97,5% untuk kategori sangat baik dan dinyatakan layak tanpa revisi.Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 7 guru, yang menghasilkan persentase 86,3% dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, guru menggunakan metode observasi untuk menguji video pembelajaran pada siswa kelas B2 TK Mutiara Ibu Kota Jambi. Hasilnya menunjukkan bahwa video pembelajaran yang didasarkan pada kearifan lokal dalam perkembangan bahasa dapat menarik minat dan perhatian peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Kearifan Lokal, Aspek Agama dan Moral |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | ELVITA |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 07:03 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 07:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |