Silitonga, Riris (2024) Implementasi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi 2021-2023. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI RIRIS.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI RIRIS SILITONGA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini meliputi bagaimana implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka pada program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, kendala yang dihadapi oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan selama mengikuti program, serta dampak dari program tersebut terhadap mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, mengidentifikasi kendala yang dihadapi mahasiswa, serta menilai dampak program terhadap pengembangan kompetensi dan pengalaman mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen yang melibatkan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi berjalan dengan baik melalui proses sosialisasi, seleksi, pendampingan, dan evaluasi. Namun, terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh mahasiswa, seperti masalah administrasi, adaptasi budaya dan masalah keuangan. Untuk mengatasi kendala tersebut, solusi yang diterapkan antara lain peningkatan koordinasi antar kampus, program orientasi budaya, pengembangan kurikulum yang fleksibel, dan pemberian dukungan keuangan bagi mahasiswa yang membutuhkan. Secara keseluruhan, program Pertukaran Mahasiswa Merdeka memberikan dampak positif terhadap pengembangan akademik, pengalaman sosial dan budaya, peningkatan kemandirian, dan perluasan jaringan profesional mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Namun, penyesuaian akademik dan tekanan psikologis juga menjadi dampak yang perlu diperhatikan untuk perbaikan program di masa mendatang.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Silitonga |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 08:05 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 08:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69421 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |