Hawalyah, Hawalyah (2024) Pengembangan E-Modul Terintegrasi Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER .pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN .pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan penting yang perlu dikembangkan pada peserta didik untuk menghadapi tantangan di abad ke-21. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu melalui pengembangan media pembelajaran berdasarkan pada metode pembelajaran yang menitikberatkan pada realitas kehidupan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran e-modul terintegrasi PBL pada materi sistem ekskresi, menganalisis kelayakan media, menganalisis persepsi guru dan peserta didik terhadap produk yang telah dikembangkan serta menganalisis efektivitas penggunaan e-modul terintegrasi PBL materi sistem ekskresi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement and Evaluation). Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan produk, angket persepsi guru dan peserta didik yang disebarkan kepada kelompok kecil berjumlah 8 peserta didik dan kelompok besar 20 peserta didik serta tes kemampuan berpikir kritis yang dianalisis menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan e-modul terintegrasi PBL yang telah melalui tahap validasi materi sebanyak 3 kali diperoleh persentase sebesar 92,5% dengan kategori “sangat layak”. Tahap validasi media dilakukan sebanyak 2 kali, diperoleh persentase sebesar 93,75% dengan kategori “sangat layak”. Hasil persepsi guru biologi diperoleh persentase 87,5% termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil persepsi ujicoba peserta didik kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 84,5% termasuk kategori “sangat baik” dan uji coba peserta didik kelompok besar diperoleh persentase 87,25% termasuk kategori “sangat baik”. Hasil uji efektivitas menggunakan paired sample t-test, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), dengan rata-rata N-gain skor sebesar 0,63, artinya terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil kemampuan berpikir kritis sebelum dan setelah penggunaan e-modul terintegrasi PBL dengan peningkatan signifikan sebesar 0,63 (sedang). Sehingga disimpulkan bahwa e-modul terintegrasi PBL dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran biologi materi sistem ekskresi. Critical thinking skills is an important skill that needs to be developed in students to face the challenges of the 21st century. One way to improve students' critical thinking skills is through the development of learning media based on learning methods that focus on the realities of life. This research aims to produce an interactive e-module integrated with problem based learning (PBL) on excretory system material that is valid, practical and effective. This type of research is development which refers to the R&D research approach using the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implement and Evaluate). The instruments used to collect data were validation sheets from material experts and media experts to determine product feasibility, teacher and student perception questionnaires distributed to small groups of 8 students and large groups of 20 students as well as critical thinking ability tests which were analyzed using SPSS software. version 26. The research results show that the PBL integrated interactive e-module which has gone through the material validation stage 3 times obtained a percentage of 92.5% in the "very feasible" category. The media validation stage was carried out 2 times, obtaining a percentage of 93.75% in the "very feasible" category. The results of the biology teacher's perception obtained a percentage of 87.5%, including in the "very good" category. The results of the perception of small group students' trials obtained a percentage of 84.5% including the "very good" category and large group students' trials obtained a percentage of 87.25% including the "very good" category. The results of the effectiveness test using a paired sample t-test, obtained a significance value of 0.000 (<0.05), with an average N-gain score of 0.63, meaning that there is a significant difference in the results of critical thinking skills before and after using e- PBL integrated interactive module with a significant increase of 0.63 (medium). So it is concluded that the PBL integrated interactive e-module is declared feasible, practical and effective for improving students' critical thinking skills in studying biology on excretory system material.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Problem Based Learning (PBL), Sistem Ekskresi, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Hawalyah |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 07:51 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 07:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |