PENGEMBANGAN BUKU SAKU TENTANG ANGGREK (ORCHIDACEAE) DI TAMAN ANGGREK SRI SOEDEWI KOTA JAMBI

Valeria, Silvi (2024) PENGEMBANGAN BUKU SAKU TENTANG ANGGREK (ORCHIDACEAE) DI TAMAN ANGGREK SRI SOEDEWI KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (125kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
SKRIPSI SILVI VALERIA A1C419074.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (381kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Valeria, Silvi. 2024. Pengembangan Buku Saku Tentang Anggrek (Orchidaceae) di Taman Anggrek Sri Soedewi Kota Jambi: Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Upik Yelianti, M.S., (II) Raissa Mataniari, S. Pd., M. Ed., Kata kunci: Media Pembelajaran, Buku Saku, Model ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku tentang anggrek (Orchidaceae) di Taman Anggrek Sri Soedewi Kota Jambi sebagai media pembelajaran alternatif. Kurangnya media informasi mengenai anggrek di taman tersebut dan kesulitan mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jambi dalam memahami nomenklatur tumbuhan menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Mengetahui proses pengembangan buku saku, 2) Mengetahui kelayakan buku saku, 3) Mengetahui respon mahasiswa terhadap buku saku tentang anggrek (Orchidaceae) di Taman Anggrek Sri Soedewi Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Teknik analisis data yang diterapkan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif, dengan subjek uji coba terdiri dari mahasiswa Pendidikan Biologi Universita Jambi yang telah mengontrak mata kuliah Taksonomi Tumbuhan, yaitu kelompok kecil sebanyak 7 orang dan kelompok besar sebanyak 15 orang. Hasil validasi produk buku saku menunjukkan bahwa buku ini dinyatakan “layak” sebagai bahan media pembelajaran alternatif yang dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Taksonomi Tumbuhan. Berdasarkan hasil validasi materi I, diperoleh persentase 63,8% dengan kategori “Baik/Layak”. Sedangkan validasi materi II, memperoleh persentase 95,4% dengan kategori “Sangat Baik/Sangat Layak”. Dilanjutkan dengan validasi ahli media I, diperoleh persentase 59,3% dengan kategori “Tidak Baik/Tidak Layak”. Validasi ahli media II, diperoleh persentase 87,5% dengan kategori “Sangat Baik/Sangat Layak”. Selanjutnya, pada penilaian persepsi yang dilakukan oleh teknisi yang bekerja di Taman Anggrek Sri Soedewi Kota Jambi, diperoleh persentase 100% dengan kategori “Sangat Baik/Sangat Layak”. Berdasarkan angket respon mahasiswa kelompok kecil, diperoleh persentase 90,4% dengan kategori “Sangat Baik/Sangat Layak”. Sedangkan, pada respon mahasiswa kelompok besar, diperoleh persentase 90,5% dengan kategori “Sangat Baik/Sangat Layak. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa buku saktu terbukti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran alternatif dalam mata kuliah Taksonomi Tumbuhan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Buku Saku, Model ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Valeria
Date Deposited: 09 Oct 2024 06:51
Last Modified: 09 Oct 2024 06:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71192

Actions (login required)

View Item View Item