Hubungan krisis identitas dengan kedisiplinan siswa di SMK Negeri 4 Tanjung Jabung Timur

Kurnia, Dewi (2024) Hubungan krisis identitas dengan kedisiplinan siswa di SMK Negeri 4 Tanjung Jabung Timur. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (289kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kedisiplinan siswa di sekolah, yang di mana melakukan pelanggaran kedisiplinan seperti, datang terlambat ke sekolah, membolos, mencontek, memakai seragam tidak sesuai dengan aturan yang berlaku dan pelanggaran kedisiplinan lainnya. Namun pada penelitian ini memiliki kriteria untuk siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswa yang melanggar kedisiplinan pada tahap pelanggaran sedang ke berat yang ada di dalam buku hitam di sekolah. penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan krisis identitas terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri 4 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini dibatasi hanya pada pandangan terkait dengan krisis identitas dan kedisiplinan siswa di sekolah. jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 4 Tanjung Jabung Timur. sampel penelitian dalam penelitian ini yaitu 96 siswa dengan teknik Purposive Sampling. instrumen yang digunakan adalah angket (Kuisioner). Data analisis dengan menggunakan Uji Persentase dengan Formula C, Uji Normalitas, Uji Linearitas, dan Uji Korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: tingkat krisis identitas siswa SMK Negeri 4 Tanjung Jabung Timur berada pada kategori tinggi dengan persentase 73%. 2) Tingkat Kedisiplinan siswa di SMK Negeri 4 Tanjung Jabung Timur berada pada kategori tinggi dengan persentase 75%. Nilai Pearson correlation yang diperoleh ditafsirkan menggunakan pedoman korelasi, Dimana pada r hitung (0,662) berada pada rentang (0,40-0,70) yang ditafsirkan termasuk dalam kategori memiliki hubungan yang memadai. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan kearah yang positif antara krisis identitas dengan kedisiplinan siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan pada peneliti selanjutnya diharapkan dapat mempertimbangkan untuk menggunakan metode penelitian yang lain untuk memvalidasi temuan dan memperkuat keabsahan penelitian. Serta diharapkan peneliti selanjutnya mampu menyempurnakan ini dengan mengurangi adanya kesalahan pada peneliti. Kata Kunci: Krisis Identitas, Kedisiplinan Siswa

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Krisis identitas, Kedisiplinan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: kurnia
Date Deposited: 06 Nov 2024 06:56
Last Modified: 06 Nov 2024 06:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71831

Actions (login required)

View Item View Item