Masita, Ella and Volya, Duti and Arif, Nely and Ulfiati, Lilik (2024) Kurikulum Merdeka dan Pengajaran Bahasa Inggris di Era Digital. In: Kurikulum Merdeka dan Pengajaran Bahasa Inggris di Era Digital. literasiNusantara, 1 (2024). Literasi Nusantara Abadi Grup, Malang, Indonesia, pp. 1-168. ISBN 978-623-114-828-5
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Kurikulum Merdeka adalah sebuah inovasi pendidikan yang dirancang untuk memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada sekolah serta guru dalam menyusun dan mengimplementasikan kurikulum sesuai dengan kebutuhan siswa. Pendekatan ini menekankan pembelajaran yang berpusat pada siswa, pengembangan kompetensi yang holistik, serta integrasi teknologi digital. Dengan otonomi yang lebih besar, sekolah dapat menyesuaikan metode pengajaran dan materi pembelajaran agar lebih relevan dengan karakteristik dan minat siswa, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi mereka dalam proses belajar. Dalam konteks pengajaran bahasa Inggris di era digital, Kurikulum Merdeka membuka peluang bagi penggunaan berbagai alat dan metode pembelajaran berbasis teknologi. Platform e-learning seperti Google Classroom dan Moodle memungkinkan akses yang lebih luas ke materi pembelajaran yang interaktif dan variatif. Selain itu, aplikasi pembelajaran bahasa seperti Duolingo dan Babbel menawarkan latihan interaktif yang adaptif, sementara alat konferensi video seperti Zoom dan Microsoft Teams memfasilitasi pembelajaran jarak jauh dan kolaborasi lintas batas. Penggunaan sumber daya multimedia dan teknologi kecerdasan buatan juga dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas pengajaran bahasa Inggris, memberikan umpan balik real-time, dan latihan percakapan yang lebih personal. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pengajaran bahasa Inggris memerlukan beberapa langkah strategis untuk mencapai hasil yang optimal. Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan dalam penggunaan teknologi digital dan metode pembelajaran inovatif adalah langkah awal yang krusial. Selain itu, penyediaan infrastruktur teknologi yang memadai di sekolah-sekolah sangat penting untuk mendukung pembelajaran digital. Pengembangan kurikulum yang fleksibel dan adaptif, yang memungkinkan penggunaan berbagai sumber daya digital dan iii pendekatan pembelajaran yang beragam, juga merupakan aspek penting. Metode evaluasi berbasis teknologi dapat digunakan untuk mengukur kemajuan dan kompetensi siswa secara lebih akurat dan holistik, sehingga membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan relevan dengan kebutuhan siswa di era digital. iv
Type: | Book Section |
---|---|
Informasi Tambahan: | https://isbn.Perpusnas.go.id/Account/SearchBuku?searchTxt=978-623-114-828-5&searchCat=ISBN |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka dan pengajaran bahasa Inggris di Era Digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Volya |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 10:11 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 10:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72047 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |