Sulviyanti, Nesa (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbantuan Aplikasi Animaker Pada Materi Asam Basa. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (147kB) |
Abstract
Sulviyanti, Nesa. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbantuan Aplikasi Animaker Pada Materi Asam Basa. Skripsi, Jambi. Program studi pendidikan kimia, Jurusan Pendidikan Mtematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas Jambi,Pembimbing: (I) Prof.Dr.Drs. M. Naswir, KM,, M.Si., (II) Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd., M.Si., Ph.D. Kata Kunci : Asam Basa, Pengembangan Media, Video Animasi Kata “asam” berasal dari bahasa latin “acidus” yang berarti asam. Asam adalah zat (senyawa) yang menyebabkan rasa masam pada berbagai materi. Basa adalah zat (senyawa) yang dapat beraksi dengan asam, menghasilkan senyawa yang disebut garam. Sedangkan basa adalah zat-zat yang dapat menetralkan asam. Secara kimia, asam dan basa saling berlawanan. Sifat basa pada umumnya ditunjukkan dari rasa pahit dan licin. Penggunaan media pembelajaran di kelas meupakan komponen penting dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu alasan ketertarikan siswa dalam mempelajari materi yang disampaikan oleh guru. Siswa akan cepat bosan ketika tampilan materi presentasi yang disampaikan hanya menyajikan tulisan saja. Aplikasi Animaker dapat dioptimalkan kegunaan dengan mengembangkan media video animasi melalui aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video animasi kimia menggunakan Aplikasi Animaker yang dapat mevisualisasikan ikatan kimia secara lebih menarik kepada siswa serta mengetahui respon guru terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Produk dari hasil pengembangan ini akan di validasi terlebih dahulu oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru dan selanjutnya akan di lakukan uji coba kelompok kecil.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video animasi,aplikasi animaker |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Sulviyanti |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 03:50 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 03:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |