Maharani, Amelia Putri and Anggereini, Evita and Subagyo, Agus PENGEMBANGAN MODUL AJAR ELEKTRONIK BERBASIS STEAM (SCIENCE,TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATIC) PjBL (PROJECT BASED LEARNING) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK SMA. ..
![]() |
Text
032_Amelia Putri Maharani_ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (318kB) |
Abstract
Modul elektronik adalah media pembelajaran yang disajikan secara digital. Sehingga dapat diakses secara mandiri oleh peserta didik dan membantu meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan melihat kelayakan media pembelajaran berupa modul ajar elektronik berbasis STEAM PjBL pada materi perubahan lingkungan untuk SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian (Research and Development) dengan model penelitian yang terdiri dari tahapan Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development) dan Evaluasi (Evaluation). Teknik analisis data pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Adapun instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan media yang untuk mengetahui kelayakan e-modul, lembar observasi, angket penilaian persepsi guru, angket penilaian uji coba kelompok kecil dan kelompok besar.. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI SMAN 13 Kota Jambi, uji coba dilakukan kepada 6 orang peserta didik (Kelompok kecil) dan 21 peserta didik (Kelompok besar). Hasil validasi materi diperoleh dengan skor 96 dan persentase sebesar 85,7% dengan kategori “sangat layak” dan hasil validasi media diperoleh dengan skor 73 dan persentase sebesar 91% dengan kategori “sangat layak”. Hasil ujicoba pada kelompok kecil diperoleh dengan skor 394 dan persentase sebesar 82% dengan kategori “sangat baik” dan hasil ujicoba pada kelompok besar diperoleh dengan skor 1369 dan persentase sebesar 81,49% dengan kategori “sangat baik”, dan hasil persepsi guru diperoleh dengan skor 74 dan persentase sebesar 92,5%% dengan kategori “sangat baik”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran modul ajar elektronik berbasis STEAM PjBL pada materi perubahan lingkungan untuk SMA layak digunakan peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran biologi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Maharani |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 02:09 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 02:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73221 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |