Pramesti, Ajeng Retno and Kamid, Kamid and Rohati, Rohati (2025) Deskripsi Keterampilan Proses Siswa Diskalkulia dalam Memahami Konsep Operasi Hitung Melalui Etnomatematika. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (124kB) |
Abstract
Pramesti, Ajeng Retno. 2024. Deskripsi Keterampilan Proses Siswa Diskalkulia dalam Memahami Konsep Operasi Hitung Melalui Etnomatematika: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si. (2) Dr. Rohati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Opersi Hitung, Diskalkulia, Etnomatematika, Keterampilan Proses Matematika, sebagai ilmu yang komprehensif dan fundamental, memiliki keterkaitan erat dengan berbagai disiplin ilmu lain, kehidupan sehari-hari, bahkan budaya. Pemahaman konsep dasar menjadi kunci dalam pembelajaran matematika tingkat lanjut. Untuk menyelesaikan soal matematika, dibutuhkan tidak hanya pemahaman konsep, tetapi juga keterampilan proses yang memadai. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana keterampilan proses siswa dengan diskalkulia dalam memahami konsep operasi hitung dapat dikembangkan melalui pendekatan etnomatematika. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini melibatkan dua subjek dengan tingkat keparahan diskalkulia berbeda. Data dikumpulkan melalui observasi, tes soal, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan diskalkulia tingkat sedang mampu menyelesaikan masalah operasi hitung dengan baik, mengindikasikan adanya keterampilan proses yang cukup memadai. Sebaliknya, subjek dengan diskalkulia tingkat tinggi mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah dan membutuhkan bimbingan lebih lanjut. Hal ini menunjukkan adanya kelemahan dalam keterampilan proses pada subjek tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa dengan diskalkulia memiliki potensi untuk mengembangkan keterampilan proses dalam memahami konsep operasi hitung melalui pendekatan etnomatematika. Namun, siswa dengan tingkat keparahan yang lebih tinggi memerlukan dukungan tambahan dari guru atau peneliti. Pendekatan etnomatematika yang menghubungkan matematika dengan konteks kehidupan sehari-hari dan budaya siswa dapat menjadi alternatif pembelajaran yang efektif bagi siswa dengan kesulitan belajar matematika. Pramesti, Ajeng Retno. 2024. Description Of Process Skills Of Students With Dyscalculia In Understanding The Concept Of Counting Operations Through Etnomathematics: thesis, Department of Mathematics and Natural Sciences Education. FKIP Jambi University, supervisor: (1) Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si. (2) Dr. Rohati, S.Pd., M.Pd. Keywords: Counting Operations, Dyscalculia, Ethnomathematics, Process Skills Mathematics, as a comprehensive and fundamental science, is closely related to various other disciplines, daily life, and even culture. Understanding basic concepts is key in learning advanced mathematics. To solve math problems, it takes not only understanding of concepts, but also adequate process skills. This study aims to describe how the process skills of students with dyscalculia in understanding the concept of counting operations can be developed through the ethnomathematics approach. Using a qualitative method with a descriptive approach, this study involved two subjects with different severity levels of dyscalculia. Data were collected through observation, test questions, and interviews. The results showed that subjects with moderate levels of dyscalculia were able to solve arithmetic operation problems well, indicating the existence of adequate process skills. In contrast, subjects with high levels of dyscalculia had difficulty in solving problems and needed further guidance. This indicates a weakness in process skills in these subjects. Based on the results of the study, it can be concluded that students with dyscalculia have the potential to develop process skills in understanding the concept of counting operations through the ethnomathematics approach. However, students with higher levels of severity require additional support from teachers or researchers. The ethnomathematics approach that connects mathematics with the context of students' daily lives and culture can be an effective learning alternative for students with mathematics learning difficulties
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Opersi Hitung, Diskalkulia, Etnomatematika, Keterampilan Proses Counting Operations, Dyscalculia, Ethnomathematics, Process Skills |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | AJENG RETNO PRAMESTI |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 06:39 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 06:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |