Kasiono, Kasiono (2025) engembangan Kurikulum dan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Berbasis Budaya dan Nilai Kearifan Lokal untuk Penguatan Literasi Ketahanan Pangan Komunitas Suku Anak Dalam (SAD) di Jambi. S3 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
Dapus.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan Kasiono.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
Full disertasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum dan perangkat pembelajaran pendidikan kesetaraan Paket A Fase A yang berbasis budaya dan nilai kearifan lokal untuk memperkuat literasi ketahanan pangan pada komunitas Suku Anak Dalam (SAD) di Jambi. Penelitian menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahapan penelitian mencakup analisis kebutuhan, desain kurikulum, pengembangan perangkat pembelajaran, implementasi, dan evaluasi efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum berbasis budaya lokal yang dirancang mengintegrasikan nilai-nilai budaya SAD, seperti teknik bertani tradisional, penggunaan tanaman obat, dan kearifan lokal dalam pengelolaan sumber daya alam. Validasi ahli menunjukkan bahwa kurikulum dan perangkat pembelajaran ini layak digunakan, dengan kepraktisan yang didukung oleh respon positif dari pendidik dan peserta didik. Selain itu, implementasi kurikulum menunjukkan peningkatan signifikan dalam literasi ketahanan pangan peserta didik, yang mencakup pemahaman konsep dasar ketahanan pangan, keterampilan praktis, dan kemampuan mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur tentang pendidikan berbasis budaya lokal dan ketahanan pangan, sekaligus menjadi model yang relevan untuk diimplementasikan pada komunitas adat lainnya. Kurikulum ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan kesetaraan dan memberdayakan komunitas SAD secara holistik, memperkuat identitas budaya mereka, dan meningkatkan kesejahteraan komunitas secara berkelanjutan.
Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Kurikulum, Kurikulum Berbasis Budaya, Perangkat Pembelajaran, Pendidikan Kesetaraan, Literasi Ketahanan Pangan, Suku Anak Dalam (SAD), Model ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S3 Kependidikan |
Depositing User: | Kasiono |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 01:16 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 01:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74452 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |