Analisis Kesadaran Politik Pemilih Pemula Pada Pemilihan Gubernur Jambi (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Angkatan 2024)

Nur Sya'bani, Iklima (2025) Analisis Kesadaran Politik Pemilih Pemula Pada Pemilihan Gubernur Jambi (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Angkatan 2024). Semayo. pp. 1-10. ISSN 30628342 (In Press)

[img] Text
01 SKRIPSI IKLIMAA REPOSITORY UNJA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (73kB)
[img] Text
HAL PERETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (422kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB l.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
Official URL: https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesadaran politik mahasiswa pemilih pemula pada Pemilihan Gubernur Jambi tahun 2024, khususnya pada mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) Angkatan 2024. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kesadaran politik mereka serta mengevaluasi peran pendidikan politik dalam membangun kesadaran tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesadaran politik mahasiswa masih berada pada kategori rendah, di mana mereka telah mengetahui pentingnya pemilu namun belum memahami secara mendalam mengenai hak dan kewajiban politik sebagai warga negara. Faktor internal, seperti minat dan pemahaman politik, serta faktor eksternal, seperti pengaruh lingkungan keluarga, teman sebaya, media sosial, dan pendidikan formal, berperan signifikan dalam membentuk kesadaran politik mahasiswa. Selain itu, implementasi pendidikan politik di lingkungan akademik ditemukan masih kurang optimal dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap isu-isu politik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya peningkatan kesadaran politik mahasiswa membutuhkan kolaborasi antara institusi pendidikan, keluarga, dan media, dengan menekankan metode pembelajaran yang interaktif dan relevan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan pendidikan politik yang lebih efektif, khususnya di kalangan mahasiswa pemilih pemula.

Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: IKLIMA NUR SYA'BANI
Date Deposited: 14 Jan 2025 06:45
Last Modified: 14 Jan 2025 06:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74507

Actions (login required)

View Item View Item