Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Structured Learning Approach Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Di SMA Negeri 4 Kota Jambi

Kalfahny, Rara (2025) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Structured Learning Approach Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Di SMA Negeri 4 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover .pdf

Download (51kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan .pdf

Download (546kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Perilaku Asertif adalah keterampilan dalam menyampaikan perasaan dan kebutuhannya secara langsung, jujur, tegas dan tetap menghormati orang lain. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik structured learning approach dalam meningkatkan perilaku asertif pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment menggunakan Pretest-Posttest Only Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah sebanyak 306 peserta didik kelas X di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel ini yaitu purposive sampling. Penetuan sampel dengan pertimbangan tertentu, adapun pertimbangan dalam penelitian ini adalah peserta didik yang memiliki tingkat perilaku asertif rendah dan didapatkan dari data melalui skala perilaku asertif sehingga ditetapkan sebanyak 20 peserta didik sebagai sampel, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dianalisis menggunakan uji T-Test. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa variansi antara kelompok eksperimen dan kontrol adalah homogen dengan nilai Sig. sebesar 0,117 berdasarkan Levene's Test for Equality of Variances. Uji Paired T-Test untuk menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, dengan mean difference sebesar 17,100, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol sehingga membuktikan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik structured learning approach efektif dalam meningkatkan perilaku asertif peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik structured learning approach untuk meningkatkan perilaku asertif terhadap peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Structured Learning Approach, Perilaku Asertif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Kalfahny
Date Deposited: 24 Jan 2025 03:24
Last Modified: 24 Jan 2025 03:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75246

Actions (login required)

View Item View Item