Ningsi, Shisilia Putri Ayu and Indryani, Indryani and Harianja, Sri Indriani (2025) PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA MUARA BULIAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi Upload_Shisilia Putri Ayu Ningsi_A1F120039.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Cover_Shisilia Putri Ayu Ningsi.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Pengesahan, Pernyataan_Shisilia Putri Ayu Ningsi.pdf Download (976kB) |
![]() |
Text
Abstrak_Shisilia Putri Ayu Ningsi.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB I_Shisilia Putri Ayu Ningsi.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
BAB V_Shisilia Putri Ayu Ningsi.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_Shisilia Putri Ayu Ningsi.pdf Download (191kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil pengamatan peneliti dilapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak dalam mengenal bilangan belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Muara Bulian. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan desain nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data melibatkan pre-test dan post-test, serta uji hipotesis dilakukan dengan uji-t pada data yang berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bernyanyi secara signifikan meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bilangan, seperti ditunjukkan oleh hasil uji-t (t-hitung = 5,309 > t-tabel = 2,055). Dibandingkan dengan kelas kontrol, kelas eksperimen menunjukkan peningkatan skor yang lebih baik. Kesimpulannya, metode bernyanyi memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan pada anak usia dini. Hasil ini mendukung penerapan metode bernyanyi secara lebih intensif dalam pembelajaran di TK Dharma Wanita Muara Bulian. This research is based on the results of researchers' observations in the field which show that children's cognitive abilities in recognizing numbers have not developed optimally. This research aims to determine the effect of the singing method on cognitive abilities in recognizing numbers in children aged 4-5 years at Dharma Wanita Muara Bulian Kindergarten. This research uses a quasi-experimental method with a nonequivalent control group design. The sampling technique was carried out using purposive sampling. Data collection involved pre-test and post�test, and hypothesis testing was carried out using t-test on normally distributed data. The research results showed that the singing method significantly improved children's ability to recognize numbers, as shown by the t-test results (t-count = 5.309 > t-table = 2.055). Compared to the control class, the experimental class showed a better increase in scores. In conclusion, the singing method has a positive influence on cognitive abilities in recognizing numbers in early childhood. These results support the application of singing methods more intensively in learning at the Dharma Wanita Muara Bulian Kindergarten.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bernyanyi, Kognitif Mengenal Bilangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | NINGSI |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 07:51 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 07:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |