Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Menggunakan E-Modul Berbasis STEM-PBL

Ariefah, Hana and Ramalisa, Yelli and Tiona Pasaribu, Feri (2025) Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Menggunakan E-Modul Berbasis STEM-PBL. jurnal pendidikan tambusai, 9 (3). pp. 5510-5516. ISSN 2614-3097

[img] Text
jurnal Hana Ariefah.pdf

Download (535kB)
Official URL: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/253...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMP setelah menggunakan e-modul berbasis STEM-PBL pada materi Kesebangunan. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VII di MTs N 3 Batang Hari. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan emodul. Tes berpikir kritis siswa akan diukur berdasarkan 5 indikator berpikir kritis, yaitu (1) siswa dapat merumuskan pokok permasalahan; (2) mengungkapkan dan mengelola fakta; (3) membuat argumen logis, relevan dan akurat; (4) mampu menarik kesimpulan dan; (5) Evaluasi, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan dari 26 siswa kelas VII.1 MTs N 3 Batanghari setelah menggunakan e-modul berada pada kategori tinggi dengan 1 siswa kategori “rendah”, 9 siswa dengan kategori “sedang” dan 16 siswa dengan kategori tinggi. Dengan persentase pada indikator berpikir kritis; (1) siswa dapat merumuskan pokok permasalahan mendapatkan persentase sebesar 92,30% yang termasuk kategori tinggi; (2) mengungkapkan dan mengelola fakta mendapatkan persentase sebesar 87,50% yang termasuk dalam kategori tinggi; (3) membuat argumen logis mendapatkan persentase sebesar 83,65% yang termasuk dalam kategori tinggi,; (4) mampu membuat kesimpulan dan mendapatkan persentase sebesar 82,69% yang termasuk dalam kategori tinggi; (5) Mengevaluasi mendapatkan persentase sebesar 75,96% yang termasuk dalam kategori sedang.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ariefah
Date Deposited: 20 Feb 2025 08:54
Last Modified: 20 Feb 2025 08:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75556

Actions (login required)

View Item View Item