IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALISME PADA PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS V SDN 64/IV KOTA JAMBI

Indaswari Sukandi, Putri Intan (2025) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALISME PADA PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS V SDN 64/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (65kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Sukandi, Putri Intan Indaswari, 2024. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Pada Pembelajaran PPKn Di Kelas V SDN 64/IV Kota Jambi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) DR. Sofwan, S.Pd., M.Pd (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Nilai Karakter Nasionalis, Pendidikan Pancasila Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme pada pembelajaran PPKn di kelas V SDN 64/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SDN 64/IV Kota Jambi pada kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan jenis penelitian fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) Pelaksanaan penanaman nilai-nilai karakter nasionalis pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V dilakukan dengan dua tahapan yaitu; a) tahapan perencanaan, dalam tahap ini guru mempersiapkan apa yang dibutuhkan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila seperti modul ajar dan kegiatan program sekolah, kegiatan program pendukung penanaman nilai-nilai nasionalis pada program sekolah yaitu menyanyikan lagu nasionalis, memperkenalkan keberagaman budaya, menggunakan produk-produk dalam negeri, memperkenalkan pada pemainan rakyat, melakukan upacara bendera pada hari-hari besar; b) tahapan pelaksanaan, yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Sukandi
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:10
Last Modified: 26 Feb 2025 03:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75666

Actions (login required)

View Item View Item