PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE LECTORA INSPIRE PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI

AULINI, . PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE LECTORA INSPIRE PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI. PENGEMBANGAN.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (89kB)

Abstract

Berbagai kesulitan yang dialami siswa dalam belajar membuat belajar tidak efisien dan cenderung siswa pasif. Siswa kurang tertarik dalam belajar dan membuat nilai siswa berada dibawah rata-rata. Hasil wawancara dengan guru ketuntasan kelas rendah yaitu sekitar 60% dengan KKM 78 selama 3 tahun belakang. Oleh karena itu perlunya pembaharuan dalam belajar misalnya dengan menggunakan media pembelajaran. Adanya media dalam pembelajaran membuat belajar lebih menarik, lebih interaktif, dan kualitas belajar dapat ditingkatkan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan secara teoritis dan kelayakan secara praktis media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan software lectora inspire pada materi sistem koloid kelas XI SMA Negeri 10 Kota Jambi. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan. Adapun tahap tersebut yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Kelayakan produk secara teoritis (konten dan konstruk) divalidasi oleh ahli. Setelah dilakukan beberapa kali revisi dan dinyatakan layak oleh validator maka selanjutnya diminta penilaian guru terhadap produk yang dikembangkan. Dari penilaian guru maka diuji cobakan kelompok kecil gunanya untuk mengetahui respon siswa. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran menggunakan software lectora inspire . Hasil validasi media (konten dan konstruk) diperoleh persentase 89.4 dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Selanjutnya, untuk penilaian guru diperoleh persentase 96 dinyatakan sangat layak sehingga media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk diujicobakan. Hasil respon siswa kelas XI SMA Negeri 10 Kota Jambi diperoleh persentase 86.1 (sangat layak). Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi media(konten dan kontruk), penilaian guru dan respon siswa, secara keseluruhan disimpulkan bahwa produk media pembelajaran ini layak untuk digunakan secara teoritis dan praktis.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AULINI
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:18
Last Modified: 10 Apr 2019 02:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7640

Actions (login required)

View Item View Item