Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual Berbantuan Edpuzzle Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Sihombing, Tioliska Mawar (2025) Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual Berbantuan Edpuzzle Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (28kB)
[img] Text
SKRIPSI_A1C121020_TIOLISKA MAWAR SIHOMBING FIX 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
HALAMAN_PENGESAHAN[1].pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)

Abstract

ABSTRAK Sihombing, Tioliska Mawar, 2025. Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual Berbantuan Edpuzzle Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M Rusdi, S.Pd., M.Sc. (II) Afrida, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Video Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, Edpuzzle, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Video pembelajaran interaktif adalah media pembelajaran yang menggabungkan elemen suara, gerak, gambar, teks, maupun grafik yang bersifat interaktif untuk menghubungkan pengguna dengan media pembelajaran. Suatu media dianggap interaktif apabila ada interaksi antara peserta didik dengan media tersebut, sehingga peserta didik melakukan lebih dari sekedar melihat dan mendengar materi dalam media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan video pembelajaran interaktif, mengetahui kelayakan video pembelajaran interaktif dari ahli materi dan media, serta mengetahui penilaian guru dan respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket. Produk divalidasi oleh ahli materi dan media, yang kemudian dilakukan penilaian guru sebelum dilakukan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan kuantitatif (skor dan persentase). Hasil dari penelitian ini didapatkan hasil kelayakan ahli materi sebesar 4,66 (Sangat Layak) dan ahli media sebesar 4,75 (Sangat Layak). Selanjutnya hasil penilaian guru sebagai praktisi didapatkan rerata skor 5 (Sangat Praktis). Dari respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 95,45% (Sangat Praktis) dan persentase keefektifan sebesar 96% (Sangat Efektif). Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa produk video pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan layak, praktis dan efektif digunakan sebagai media ajar dalam pembelajaran kimia.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Sihombing
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:11
Last Modified: 21 Mar 2025 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76601

Actions (login required)

View Item View Item