PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI UNSUR PEMBANGUN DALAM CERITA PENDEK DI SMP

Yuliatun, Khomsatun and Rustam, Rustam and Suryani, Irma (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI UNSUR PEMBANGUN DALAM CERITA PENDEK DI SMP. S2 thesis, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
TESIS KHOMSATUN YULIATUN (P2A323002).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK KHOMSATUN.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (687kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (123kB)
[img] Text
COVER TESIS KHOMSATUN.pdf

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Yuliatun, Khomsatun: 2025. “Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Kearifan Lokal untuk Mengidentifikasi Unsur Pembangun Cerita Pendek Di SMP”, Prorgam Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jambi, Tesis, Pembimbing: (I) Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum., Pembimbing (II) Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd. Kata Kunci: Cerpen, Kearifan Lokal, Media Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, penerapan dan keefektifan media pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk mengidentifikasi unsur pembangun cerpen. Media pembelajaran menampilkan teks dan gambar untuk menghasilkan pembelajaran yang menarik dan efektif. Media pembelajaran dibuat berdasarkan analisis kebutuhan siswa mengenai kebutuhan media pembelajaran yang lebih efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Tahap analisis dilakukan dengan menganalisis kebutuhan, dilanjutkan dengan mendesain media pembelajaran, mengembangankan media pembelajaran, dan mendiseminasikan media yang telah diikembangkan. Pemerolehan data dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, kemudian diolah menggunakan interval nilai skala likert dan rumus N-gain. Subjek penelitian ini dilakukan di dua sekolah yaitu SMP Negeri 11 Kota Jambi dengan jumlah siswa 35 orang, SMP Negeri 10 Kota Jambi dengan jumlah siswa 20 orang. Data kualitatif diperoleh melalui telaah Capaian Pembelajaran dalam kurikulum Merdeka Belajar, serta angket. Selanjutnya, data kuantitatif diperoleh melalui lembar validasi ahli materi dan ahli media, serta hasil pretes dan postes. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan yang dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu diawali dengan tahap define, dilanjutkan ke tahap design, kemudian diteruskan ke tahap develop, dan diakhir dengan tahap disseminate. Hasil validasi ahli materi dan ahli media diperoleh presentase sebesar 99% dan 96% dengan kriteria sangat layak; (2) penerapan media pembelajaran digital berbasis kearifan lokal untuk mengidentifikasi unsur pembangun cerpen berdasarkan uji coba di lapangan meliputi: 1) uji coba produk di SMP Negeri 11 Kota Jambi dengan presentase nilai n-gain 66, 75% masuk ke dalam kategori cukup efektif. Kemudian, SMP Negeri 10 dengan presentase 57,18 kategori cukup efektif. Berdasarkan penerapan media pembelajaran digital berbasis kearifan lokal untuk mengindentifikasi unsur pembangun cerpen dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa indonesia, terutama pada pembelajaran materi teks fiksi.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LT Textbooks
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Khomsatun Yuliatun
Date Deposited: 14 Apr 2025 01:41
Last Modified: 14 Apr 2025 01:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77135

Actions (login required)

View Item View Item