Al Isra, Dafa (2025) ANALISIS DAN PERANCANGAN DESIGN UI/UX SISTEM INFORMASI PENGADUAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (741kB) |
Abstract
Sistem pengaduan masyarakat merupakan sarana penting untuk mendukung komunikasi antara warga dengan pemerintah kelurahan. Di Kelurahan Solok Sipin Jambi, masih terdapat kendala dalam hal aksesibilitas, kecepatan respon, dan efektivitas penyelesaian pengaduan. Oleh karena itu, diperlukan perancangan UI/UX yang dapat mempermudah masyarakat dalam mengajukan pengaduan. Salah satu pendekatan yang efektif untuk mencapainya adalah Design Thinking, yang berfokus pada pemahaman mendalam terhadap pengguna dan menciptakan solusi berdasarkan kebutuhan mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibutuhkan sebuah sistem informasi pengaduan masyarakat berbasis website yang dapat memudahkan proses pengaduan. Dalam proses analisis dan perancangan UI/UX website pengaduan masyarakat ini, peneliti menggunakan metode design thinking. Pada tahap analisis, dihasilkan analisis permasalahan, analisis kebutuhan, dan user persona. Pada tahap perancangan, dihasilkan rancangan UI/UX meliputi rancangan information architecture, user flow, dan rancangan user interface dan user experience UI/UX. Rancangan UI/UX di evaluasi menggunakan metode heuristic, berdasarkan 10 instrumen pengujian heuristic yaitu mendapatkan skor 339 dengan persentase 84,60% dan pada pengujian maze mendapatkan hasil MAUS dengan skor sebesar 90 menunjukkan nilai ambang batas berada di kategori high atau tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi pengaduan masyarakat Kelurahan Solok Sipin, Jambi sangat layak untuk digunakan dan diterapkan pada sistem informasi pengaduan masyarakat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UI/UX, DESIGN THINKING, SISTEM PENGADUAN MASYARAKAT, SOLOK SIPIN JAMBI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | ISRA |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 03:21 |
Last Modified: | 08 May 2025 07:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |