Implementasi Pembelajaran P5 Berbasis Kurikulum Merdeka (Studi Komparasi: TK Khalifah dan Kartika II-23 Kota Jambi)

Nasution, Puspa Emilia and Amanda, Rizki Surya and Hasni, Uswatul (2025) Implementasi Pembelajaran P5 Berbasis Kurikulum Merdeka (Studi Komparasi: TK Khalifah dan Kartika II-23 Kota Jambi). jurnal pendidikan tambusai, 9 (1). pp. 10105-10111. ISSN 2614-3097

[img] Text
1324.+Artikel+P5+Kurikulum+Merdeka+10105-10111.pdf

Download (172kB)
[img] Text
LOA Artikel P5 Kurikulum Merdeka.pdf

Download (248kB)
Official URL: https://jptam.org/index.php/jptam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berbasis Kurikulum Merdeka di TK Khalifah 2 dan TK Kartika II-23 Kota Jambi. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi komparatif untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan penerapan P5 di kedua sekolah serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru dan kepala sekolah serta dokumentasi terkait implementasi P5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kedua sekolah telah menerapkan P5 sesuai prinsip Kurikulum Merdeka, terdapat perbedaan signifikan dalam desain proyek, keterlibatan orang tua, serta metode asesmen. TK Khalifah 2 lebih menekankan pembelajaran berbasis proyek dengan dukungan teknologi dan keterlibatan aktif guru, sementara TK Kartika II-23 lebih mengandalkan keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran. Tantangan utama dalam implementasi P5 meliputi keterbatasan waktu dan kesiapan guru. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru serta strategi manajemen waktu yang lebih efektif untuk memastikan implementasi P5 yang lebih optimal dalam pembelajaran PAUD.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: NASUTION
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:23
Last Modified: 17 Apr 2025 06:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77400

Actions (login required)

View Item View Item