Ababil, Yahyang Naski (2025) ANALISIS KESTABILAN LERENG DISPOSAL EX VOID PIT XX DI PT BINA SARANA SUKSES JOBSITE PT BATU RONA ADIMULYA KEC.BABAT SUPAT, KAB. MUSI BANYUASIN PROVINSI SUMATERA SELATAN. S1 thesis, Teknik Pertambangan.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full_F1D119063_Yahyang.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada disposal PT Bina Sarana Sukses yang memanfaatkan lahan bekas tambang PT Baturona Adimulya. Area disposal PT Bina Sarana Sukses mengalami amblasan akibat penimbunan lubang bekas galian tambang yang masih terisi air (void). Ketika material yang seharusnya padat justru bercampur dengan air dalam jumlah berlebihan, sifat mekanisnya berubah drastis. Air dapat mengurangi kohesi antar partikel, menyebabkan material kehilangan kekuatannya dan menjadi lebih plastis atau bahkan cair. Maka di diperlukan upaya mitigasi untuk mencegah terjadi nya longsor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kestabilan lereng disposal dan memberikan rekomendasi perbaikan. Tahapan yang dilakukan meliputi pengambilan data lapangan seperti geometri lereng, karakteristik material penyusun disposal, dan dokumentasi kondisi aktual. Data yang diperoleh diolah menggunakan perangkat lunak Recscience Slide dengan metode kesetimbangan batas (Limit Equilibrium Method) menggunakan pendekatan GLE Morgenstern- Price. Analisis awal menunjukkan bahwa kondisi lereng aktual tergolong tidak aman dengan faktor keamanan (FK) < 1,1. KEPMEN 1827 (2018). Sebagai solusi, dilakukan perancangan counterweight sebagai penahan kaki lereng. Counterweight bertujuan untuk meningkatkan kestabilan lereng dengan memperbesar gaya penahan terhadap gaya pendorong. dan diuji menggunakan simulasi geoteknik. Hasil analisis menunjukkan bahwa setelah penerapan counterweight, nilai faktor keamanan meningkat hingga FK > 1,1, yang sesuai dengan standar KEPMEN 1827 (2018). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa amblasan pada disposal PT Bina Sarana Sukses disebabkan oleh timbunan di void yang berisi air, serta ketidakmampuan material dalam menahan beban. Simulasi pembuatan counterweight terbukti efektif dalam meningkatkan kestabilan lereng dan mengurangi risiko longsor, sehingga dapat menjadi solusi yang dapat diterapkan oleh PT Bina Sarana Sukses. Kata Kunci: Disposal, kestabilan lereng, counterweight, void.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QE Geology |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Pertambangan |
Depositing User: | Ababil |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 07:57 |
Last Modified: | 03 Aug 2025 06:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77597 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |