Ramadhani, Mutiara Fitria and Aina, Mia and Harlis, Harlis (2025) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (JPSI), xx (x). ISSN 2338-4379
![]() |
Text
Jurnal.pdf Download (373kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi guru biologi dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMA, mengidentifikasi faktor penyebabnya, serta menemukan solusi yang efektif. Kurikulum merdeka dirancang untuk menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Namun, dalam penerapannya, masih terdapat berbagai kendala yang menghambat proses pembelajaran, terutama bagi guru biologi yang harus menyesuaikan metode pengajaran mereka dengan kurikulum baru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket Google Form dan dokumentasi. Data analisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan pendekatan triangulasi untuk memastikan keabsahan hasil penelitian. Subjek penelitian adalah guru biologi di SMA Negeri 7 dan SMA Negeri 8 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi beberapa kesulitan utama, antara lain beban administrasi yang tinggi, keterbatasan fasilitas, kurangnya pelatihan, kesulitan menyesuaikan materi dengan kebutuhan siswa, serta manajemen waktu yang belum efektif. Faktor penyebabnya adalah belum meratanya pelatihan, kurang dukungan dari sekolah, dan belum optimalnya pemanfaatan teknologi. Solusi yang bisa dilakukan antara lain: pelatihan yang berkelanjutan, digitalisasi administrasi, peningkatan fasilitas pembelajaran, serta kolaborasi antar guru.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Ramadhani |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 08:33 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 08:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77683 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |